//

PERBEDAAN HASIL BELAJAR PADA MATERI IMPULS DAN MOMENTUM DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISCOVERY LEARNING DENGAN METODE MASTERY LEARNING (BELAJAR TUNTAS) SISWA KELAS XI MAN 3 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Faisal Syahputra - Personal Name

Abstrak/Catatan

Abstrak Hasil belajar sangat penting dalam dunia pendidikan karena merupakan indikator pencapaian target yang direncanakan. Berbicara mengenai hasil belajar, fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang dapat dikatagorikan sebagai mata pelajaran yang memiliki hasil belajar relatif rendah hal tersebut dapat disebabkan kurang tepatnya metode belajar yang digunakan oleh guru terhadap suatu bahan ajar yang disampaikan kepada siswa. Metode Discovery Learning dan metode Mastery Learning (belajar tuntas) dapat digunakan untuk membuat siswa menjadi aktif, dan pembelajaran yang menarik, menyenangkan dan juga dapat meningkatkan kerjasama siswa. Penulis memilih kedua metode pembelajaran ini karena berdasarkan hasil penelitian sebelumnya menunjukan bahwa metode Discovery Learning dan metode Mastery Learning (belajar tuntas) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar pada materi impuls dan momentum dengan menggunakan metode Discovery Learning dengan metode Mastery Learning (belajar tuntas) pada siswa kelas XI MAN 3 Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN 3 Banda Aceh dengan jumlah sampel sebanyak dua kelas. Penentuan sampel dilakukan secara Proposive Sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantatif. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data Pretest dan Posttest. Uji hipotesis menggunakan uji t dua pihak. Hasil analisis data menunjukan bahwa -t_(1-1/2α )< t < t_(1-1/2α) yaitu -2,70 < 5,68 < 2,70. Ini berarti uji hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar pada materi impuls dan momentum dengan menggunakan metode Discovery Learning dengan metode Mastery Learning (Belajar Tuntas) Siswa Kelas XI MAN 3 Banda Aceh. Berdasarkan hasil dan pembahasan disarankan kepada pihak lain untuk melakukan penelitian yang sama pada materi lain sebagai bahan perbandingan dengan hasil penelitian ini. Kata kunci : Hasil Belajar, Metode Discovery Learning, Metode Mastery Learning (Belajar Tuntas)

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS DI KELAS X SMA NEGERI 1 MONTASIK (FARTIKA TARWIAH, 2018)

IMPELEMENTASI BELAJAR TUNTAS (MASTERY LEARNING)UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA NEGERI 7 BANDA ACEH (Irma Nusa Amanda, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS GEOGRAFI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 10 BANDA ACEH (Siti Ardila Rigusti, 2014)

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATERI KOLOID KELAS XI SMA NEGERI 7 BANDA ACEH (Rahmi Fartiwi, 2015)

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI TERMOKIMIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 6 BANDA ACEH (Misbahul Vaizia, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy