KEANEKARAGAMAN DAN KESAMAAN PLANKTON PADA EKOSISTEM MANGROVE PULO SAROK KECAMATAN SINGKIL, KABUPATEN ACEH SINGKIL | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

KEANEKARAGAMAN DAN KESAMAAN PLANKTON PADA EKOSISTEM MANGROVE PULO SAROK KECAMATAN SINGKIL, KABUPATEN ACEH SINGKIL


Pengarang

muhammad aidil - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1111101010048

Fakultas & Prodi

Fakultas Kelautan dan Perikanan / Ilmu Kelautan (S1) / PDDIKTI : 54241

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KELAUTAN DAN PERIKANAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

583.763

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelimpahan plankton, tingkat keanekaragaman plankton dan tingkat kesamaan plankton yang terdapat pada perairan ekosistem mangrove Gampong Pulo Sarok Kecamatan Singkil, Kabupaten Aceh Singkil. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari 2016. Metode yang digunakan adalah purposive sampling. Data plankton dianalisa untuk mendapatkan nilai kelimpahan, keanekaragaman dan kesamaan pada setiap stasiun. Pada parameter pendukung yang diamati adalah suhu air, salinitas, kecerahan, kedalaman, pH, dan DO. Hasil penelitian menunjukkan bahwa plankton yang ditemukan pada setiap stasiun di perairan ekosistem mangrove Gampong Pulo Sarok Kecamatan Singkil, Kabupaten Aceh Singkil sebanyak 36 spesies. Kelimpahan tertinggi yaitu pada stasiun 3 sebanyak 44412,74 ind/l. Indeks tingkat Keanekaragaman (H’) berkisar antara 2,42,-2,47. Indeks tingkat Kesamaan (IS) berkisar antara 66,66%-94,74%. Suhu air, pH, dan salinitas berkisar antara 28-30 °C, 7-8,8, dan 11-18 ppt.


Kata kunci: Fitoplankton, Zooplankton, Mangrove, Kelimpahan, Keanekaragaman, Kesamaan, Aceh Singkil.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK