//

KELIMPAHAN KEPITING BAKAU (SCYLLA SP.) DI KAWASAN REHABILITASI MANGROVE PULO SAROK KECAMATAN SINGKIL KABUPATEN ACEH SINGKIL

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Desriansyah Putra - Personal Name
SubjectINVERTEBRATES
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KELAUTAN DAN PERIKANAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari-februari 2016 dikawasan rehabilitasi mangrove Pulo Sarok Kecamatan Singkil Kabupaten Aceh Singkil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelimpahan kepiting bakau (Scylla sp.) serta bagaimana kolerasi antara kelimpahan kepiting bakau (Scylla sp.) dengan kerapatan mangrove di kawasan rehabilitasi mangrove Pulo Sarok Kecamatan Singkil Kabupaten Aceh Singkil. Metode yang digunakan adalah metode purposive sampling. Kawasan penelitian dibagi kepada 3 stasiun, setiap stasiun terdiri dari lima plot 10 m x 10 m dan lima bubu didalamnya, pemasangan bubu dilakukan sore hari pada saat air surut dan diangkat pagi hari pada saat air surut. Hasil penelitian ditemukan total 56 individu dari empat spesies yaitu Scylla serrata, Scylla olivacea, Scylla tranquebarica, dan Scylla paramamosain. Kelimpahan kepiting bakau (Scylla sp.) berkisar antara 0,73 ind/m2 sampai 0,20 ind/m2. Mangrove yang ditemukan berjumlah 506 dari tujuh spesies, kerapatan mangrove berkisar 2,41 ind/m2 sampai 0,05 ind/m2. Kolerasi antara kelimpahan kepiting bakau (Scylla sp.) dengan kerapatan mangrove menggunakan metode Kolerasi Pearson Moment dan uji normalitas menggunakan software SPSS 11.5. Hasil koefisien kolerasi (r) adalah 0,89 sangat kuat, nilai signifikansi antara variabel x dan y adalah 0,000 < 0,05 terdapat kolerasi signifikan antara kedua variabel. Kata kunci : Kepiting bakau, Kelimpahan, Kolerasi, Rehabilitasi mangrove, Pulo Sarok Singkil.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEPADATAN POPULASI DAN UKURAN LAYAK PANEN KEPITING BAKAU (SCYLLA SP) DI EKOSISTEM MANGROVE GAMPONG KILANGAN KABUPATEN ACEH SINGKIL (Sartiyana, 2018)

HUBUNGAN LEBAR KARAPAS DAN BERAT KEPITING BAKAU (SCYLLA SP.) SERTA FAKTOR KONDISI DI PERAIRAN ACEH SINGKIL (Kasril, 2017)

KEANEKARAGAMAN DAN KESAMAAN PLANKTON PADA EKOSISTEM MANGROVE PULO SAROK KECAMATAN SINGKIL, KABUPATEN ACEH SINGKIL (muhammad aidil, 2016)

HUBUNGAN PANJANG BERAT KEPITING BAKAU (SCYLLA SP.) DI PERAIRAN MANGROVE KECAMATAN PEUKAN BADA, KABUPATEN ACEH BESAR (Nia Silvia, 2019)

POLA ZONASI HUTAN MANGROVE SERTA RNMAKROZOOBENTHOS YANG BERKOESISTENSI DI DESA RNPULO SAROK DAN DESA GOSONG TELAGA KABUPATEN RNACEH SINGKIL (Sabila Rizka, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy