//

RISIKO FINANSIAL DAN METODE KONSTRUKSI PADA KONTRAKTOR PELAKSANA KONSTRUKSI DI PROVINSI ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Husna Amalia - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kemungkinan terjadinya risiko dalam proyek konstruksi selalu ada, baik itu risiko yang berhubungan dengan masalah teknis atau masalah non teknis. Risiko dapat terjadi diakibatkan oleh beberapa faktor dan kondisi. Salah satu faktor yang menjadi masalah dalam proyek adalah sumber daya, yang merupakan aset terpenting dalam proyek konstruksi. Kondisi pada saat pelaksanaan proyek juga akan mempengaruhi risiko yang dihadapi. Salah satu provinsi di Indonesia yang pernah mengalami beberapa kondisi adalah Provinsi Aceh, yaitu kondisi pada masa konflik, rehabilitasi dan rekonstruksi, dan pasca rehabilitasi dan rekonstruksi. Berdasarkan latar belakang diatas, maka pokok permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah risiko sumber daya, khususnya finansial dan metode konstruksi yang pernah terjadi pada tiga kondisi di Provinsi Aceh. Ruang lingkup penelitian ini adalah identifikasi variabel risiko finansial dan metode konstruksi yang pernah terjadi pada proyek konstruksi di Provinsi Aceh pada tiga kondisi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui variabel risiko finansial dan metode konstruksi yang dominan terjadi dalam proyek konstruksi di Provinsi Aceh pada tiga kondisi serta menganalisis perbedaan rata-rata frekuensi terjadinya variabel risiko pada tiga kondisi tersebut. Responden pada penelitian ini sebanyak 15 orang yang berasal dari 15 perusahaan kontraktor kualifikasi besar di Provinsi Aceh yang sudah berdiri sebelum tahun 2005. Pengujian instrumen dilakukan dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Sedangkan pengolahan data dilakukan dengan analisis deskriptif, analisis frequency index, dan Anova, dibantu dengan menggunakan software Microsoft Excel 2013. Hasil dari penelitian ini diperoleh hasil uji validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa semua butir pertanyaan kuesioner dianggap valid dan reliable. Hasil frequency index diperoleh kesimpulan bahwa variabel risiko finansial dan metode kosntruksi yang dominan terjadi pada ketiga kondisi yang ditinjau adalah pungutan tidak resmi (finansial) dan perubahan metode konstruksi (metode konstruksi). Hasil Anova menunjukkan bahwa terdapat empat variabel risiko finansial dan satu variabel metode konstruksi yang memiliki perbedaan rata-rata frekuensi terjadinya terhadap tiga kondisi yang ditinjau. Kata kunci : risiko finansial, risiko metode konstruksi, masa konflik, masa rehabilitasi dan rekonstruksi, masa pasca rehabilitasi dan rekonstruksi.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS DAMPAK RISIKO TERHADAP BIAYA KONSTRUKSI BAGI KONTRAKTOR PELAKSANA PROYEK KONSTRUKSI DI PROVINSI ACEH (MUTIA OKTAVIATI, 2017)

ANALISIS RISIKO PENAWARAN UNDERESTIMATE COST TERHADAP KUALITAS PROYEK KONSTRUKSI JALAN DI PROVINSI ACEH (Hamdani, 2016)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENGARUH KONFLIK (DISPUTE) TERHADAP KEBERHASILAN PROYEK KONTRUKSI DI PROVINSI ACEH (Rinaldy, 2016)

KAJIAN DAMPAK RISIKO TERHADAP MUTU PROYEK KONSTRUKSI BAGI KONTRAKTOR PELAKSANA DI PROVINSI ACEH (Budi Mufti, 2017)

PERANCANGAN APLIKASI PROSES EVALUASI PADA PELELANGAN UMUM PELAKSANA KONSTRUKSI DENGAN METODE PASCAKUALIFIKASI (Savero Alfard Destika, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy