//

PENGARUH KAPASITAS SUMBER DAYA MANUSIA, PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KESIAPAN INSTANSI PEMERINTAH DALAM PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI PEMERINTAHAN BERBASIS AKRUAL (STUDI PADA SATUAN KERJA DI LINGKUNGAN KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SYARIFAH HANIFA SORAYA - Personal Name
SubjectACCOUNTING
GOVERNMENT ACCOUNTING
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Akuntansi
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kapasitas sumber daya manusia, penggunaan teknologi informasi dan komitmen organisasi terhadap kesiapan instansi pemerintah dalam penerapan sistem akuntansi pemerintahan berbasis akrual baik secara simultan maupun parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pengelola anggaran yang ada di lingkungan Instansi Kantor Kementerian Agama Kota Banda Aceh dengan jumlah unit analisis sebanyak 22 satuan kerja dengan jumlah responden sebanyak 80 orang. Penelitian ini dilakukan secara sensus melalui penyebaran kuesioner yang kemudian dianalisis dengan metode regresi linear berganda. Kuesioner yang dikembalikan dan dapat digunakan dalam penelitian ini berjumlah 75 buah yaitu 93,75 % dari total kuesioner yang disebarkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kapasitas sumber daya manusia, penggunaan teknologi informasi dan komitmen organisasi secara simultan dan parsial berpengaruh terhadap kesiapan instansi pemerintah dalam penerapan sistem akuntansi pemerintahan berbasis akrual pada satuan kerja di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Banda Aceh. Penelitian ini hanya dilakukan dengan menyebarkan kuesioner tanpa wawancara langsung dengan para responden sehingga kemungkinan hasil yang diperoleh kurang akurat. Oleh karena itu disarankan bagi penelitian selanjutnya agar juga melakukan wawancara secara langsung terhadap para responden serta dengan menambahkan variabel pendukung lainnya.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH SUMBER DAYA MANUSIA, BUDAYA ORGANISASI, DAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KESIAPAN PEMERINTAH DALAM PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN BERBASIS AKRUAL (STUDI PADA SKPA PROVINSI ACEH) (Wahyu Munandar, 2016)

PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA, KOMITMEN ORGANISASI DAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PADA SATUAN KERJA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA LHOKSEUMAWE (HANIF, 2017)

DETERMINAN KEBERHASILAN PENERAPAN AKUNTANSI BERBASIS AKRUAL DI PEMERINTAH KOTA LHOKSEUMAWE (Muhammad Rizwanda, 2018)

DETERMINAN KEBERHASILAN PENERAPAN AKUNTANSI PEMERINTAHAN BERBASIS AKRUAL DI KABUPATEN ACEH SELATAN (MONA FEBRIANA, 2020)

PENGARUH PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI, KEMAMPUAN TEKNIK PEMAKAI SISTEM INFORMASI AKUNTANSI, PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI, DAN KEPERCAYAAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN (STUDI EMPIRIS PADA SATUAN KERJA PERANGKAT KOTA BANDA ACEH) (Ade Maulina, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy