//

PERBEDAAN PRESTASI SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN HANDS ON ACTIVITY PADA PEMBELAJARAN PESAWAT SEDERHANA KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang febrian indramadsyah - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK * Drs, Abdul Karim Sabdin, M.pd ** Drs, Elmi Mahzum M.IT ***Febrian Indramadsyah Kata kunci : Hasil Belajar, hands on activity. Berdasarkan hasil observasi penulis Desember 2015, yaitu dengan melakukan wawancara kepada guru pembelajaran fisika bahwa siswa SMP Negeri 3 Banda Aceh mengalami kesulitan dalam memahami materi-materi fisika yang bersifat abstrak dan keterbatasan prasarana untuk menjelaskan materi-materi fisika, sehingga hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran fisika menjadi rendah. Salah satu alternatif untuk menutupi keterbatasan prasarana dalam menjelaskan materi-materi fisika adalah dengan menggunakan basis pembelajaran hands on activity yang mampu mendiskripsikan materi-materi fisika kedalam bentuk yang lebih mudah di pahami siswa. Pembelajaran fisika berbasis hand on activity dapat digunakan guru untuk menampilkan materi-materi dengan melakukan percobaan yang dibantu dengan handout untuk membuat suatu alat peraga, sehingga materi-materi fisika dapat dengan mudah dimengerti oleh siswa dan dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran fisika. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui mengetahui perbedaan prestasi siswa yang diajarkan dengan Hands On Activity pada pembelajaran pesawat sederhana di SMP Negeri 3 Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Banda Aceh yang terdiri dari 9 kelas. Penentuan sampel dilakukan secara Simple Random Sampling.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes awal dan tes akhir, pengolahan data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji-t) yaitu didapat thitung = 10,72 dan ttabel= 1,67, dari hasil tersebut maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dari pembelajaran yang berbasis hand on activity terhadap hasil belajar fisika pada materi pesawat sederhana kelas VIII di SMP Negeri 3 Banda Aceh. Berdasarkan hasil dan pembahasan di atas disarankan kepada guru khususnya guru fisika untuk menggunakan pembelajaran berbasis hands on activity pada materi fisika, untuk peserta didik hendaknya berlatih disiplin dan bekerja sama dengan peserta didik lain yang kemampuannya berbeda ataupun sama agar pembelajaran berbasis hands on activity berjalan dengan baik dan perlu adanya penelitian lebih lanjut sebagai pengembangan dari penelitian ini. *Pembimbing I **Pembimbing II ***Mahasiswa

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER TUMBUHAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 BAKONGAN KABUPATEN ACEH SELATAN (Rita Ardiyanti, 2018)

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ASLI DAN MEDIA GAMBAR PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA DI KELAS V SD NEGERI 62 BANDA ACEH (windayani, 2014)

PERBEDAAN HASIL BELAJAR FISIKA YANG DIAJARKAN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PENGAJARAN TERBALIK (RECIPROCAL TEACHING) DAN TUTOR SEBAYA RN(SUATU TINJAUAN PADA SISWA KELAS II SMP NEGERI 18 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2014/2015) (Sri Farhati, 2015)

EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN AKTIF TIPE TEAM QUIZ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN PESAWAT SEDERHANA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANDA ACEH (Yessi Wulandari, 2017)

PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA BERDASARKAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 6 BANDA ACEH (Putri Zuhra, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy