PENGORGANISASIAN MASYARAKAT MELALUI BANK SAMPAH “GEMA BERSATU” DI GAMPONG ATEUK PAHLAWAN KECAMATAN BAITURRAHMAN BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENGORGANISASIAN MASYARAKAT MELALUI BANK SAMPAH “GEMA BERSATU” DI GAMPONG ATEUK PAHLAWAN KECAMATAN BAITURRAHMAN BANDA ACEH


Pengarang

MUTIA RAHMI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1106101030065

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Ekonomi (S1) / PDDIKTI : 87203

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK


Rahmi, Mutia. 2016. Pengorganisasian Masyarakat Melalui Bank Sampah “Gema Bersatu” di Gampong Ateuk Pahlawan Kecamatan Baiturrahman Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing :

(1) Drs. Amrusi, M.Si, (2) Dra. Musfiana, MM.

Kata Kunci :Pengorganisasian Masyarakat, Bank Sampah.

Salah satu upaya dalam mengatasi masalah sampah di lingkungan yaitu dengan pengelolaan sampah melalui Bank Sampah. Tetapi pada umumnya perilaku masyarakat dalam mengelola sampah masih tetap sama yaitu masyarakat yang sudah terbiasa mencampuri antara sampah organik dengan sampah anorganik. Dalam mencapai Pengorgansian Masyarakat yang maksimal sangat tergantung pada tata cara dan keterampilan Pengelola Bank Sampah yang diterapkan dalam prosesnya. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengorganisasian Masyarakat melalui Bank Sampah “Gema Bersatu”, Pengelolaan Sampah yang dilaksanakan pada Bank Sampah “Gema Bersatu” dan Partisipasi Masyarakat pada Bank Sampah “Gema Bersatu” di Gampong Ateuk Pahlawan Kecamatan Baiturrahman Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah ketua Bank Sampah “Gema Bersatu” dan 5 masyarakat Gampong Ateuk Pahlawan, sedangkan objek penelitian adalah semua informasi mengenai Pengorganisasian Masyarakat melalui Bank Sampah “Gema Bersatu” di Gampong Ateuk Kecamatan Baiturrahman Banda Aceh. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang diterapkan adalah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan Pengorganisasian Masyarakat melalui Bank Sampah “Gema Bersatu” yaitu dilakukan dengan pertemuan sosialisasi antar masyarakat secara langsung (mengadakan rapat) atau secara tidak langsung (melalui pengumuman). Pengelolaan Sampah yang dilaksanakan pada Bank Sampah “Gema Bersatu” yaitu adanya Pemilihan sampah, Penyerahan sampah ke Bank Sampah, Penimbangan, hasil penjualan sampah dimasukkan kedalam buku tabungan, dan Bagi hasil penjualan sampah antara penabung dengan pelaksana. Partisipasi masyarakat pada Bank Sampah “Gema Bersatu” masih rendah, dimana partisipasi masyarakat yang semakin hari semakin menurun.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK