PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MADRASAH TSANAWIYAH MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MADRASAH TSANAWIYAH MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING


Pengarang

Listika Burais - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1309200160014

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Pro. Studi Magister Pendidikan Matematika., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Listika Burais (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis dan
Kemandirian Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah melalui Model Discovery
Learning.
Rendahnya kemampuan penalaran matematis pada siswa dapat menyebabkan
kemandirian belajar dan hasil belajar siswa belum maksimal. Salah satu model
pembelajaran yang berpeluang untuk meningkatkan kemampuan penalaran
matematis dan kemandirian belajar adalah model pembelajaran discovery learning.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perbedaan peningkatan kemampuan
penalaran matematis dan kemandirian belajar siswa melalui model discovery
learning dan siswa yang melalui pembelajaran konvensional baik secara keseluruhan
maupun pengelompokan siswa, 2) interaksi antara model pembelajaran dengan
pengelompokan siswa teradap kemampuan penalaran matematis dan kemandirian
belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen.
Desain yang diterapkan dalam penelitian ini adalah pretest-postes group design.
Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa MTsN Lambalek dengan mengambil
sampel dua kelas yaitu kelas VIIIA-VIIIB (kelas eksperimen dan kelas kontrol).
Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Data yang telah
terkumpul kemudian dianalisis dengan uji ANAVA. Berdasarkan hasil analisis dapat
disimpulkan bahwa: 1) peningkatan kemampuan penalaran matematis dan
kemandirian belajar siswa kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas
konvensional ditinjau berdasarkan keseluruhan siswa maupun pengelompokan siswa,
2) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan pengelompoan siswa
terhadap kemampuan penalaran matematis maupun kemandirian belajar.
Kata Kunci: Kemampuan Penalaran Matematis, Kemandirian Belajar, Model
Pembelajaran Discovery Learning

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK