PENGARUH JARAK MULTI RELAY TERHADAP KINERJA SISTEM KOMUNIKASI KOOPERATIF MENGGUNAKAN PROTOKOL AF DAN DF | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENGARUH JARAK MULTI RELAY TERHADAP KINERJA SISTEM KOMUNIKASI KOOPERATIF MENGGUNAKAN PROTOKOL AF DAN DF


Pengarang

Nurul Maulida Fitri - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1104105010024

Fakultas & Prodi

Fakultas Teknik / Teknik Elektro (S1) / PDDIKTI : 20201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Seiring dengan pertumbuhan dan penerapan jaringan nirkabel dibutuhkan peningkatan dalam kinerja sistem komunikasi nirkabel. Salah satu masalah utama yang mempengaruhi kinerja sistem komunikasi nirkabel adalah fading. Untuk mengatasi hal tersebut digunakan sistem komunikasi kooperatif yang menggunakan teknik relay. Pada sistem komunikasi kooperatif, source mengirimkan informasi secara langsung ke destination dan melalui beberapa relay. Selanjutnya informasi yang diterima relay akan diproses dengan protokol tertentu sebelum diteruskan ke destination. Jenis protokol relay pada sistem komunikasi kooperatif yang umum digunakan untuk meningkatkan keandalan sistem adalah Amplify and Forward (AF) dan Decode and Forward (DF). Penelitian tugas akhir ini menganalisis pengaruh jarak multi relay terhadap kinerja sistem komunikasi kooperatif menggunakan protokol relay AF dan DF. Analisis dilakukan dengan simulasi numerik menggunakan software MATLAB. Evaluasi kinerja sistem mempertimbangkan parameter Bit Error Rate (BER) dan Signal-to-Noise Ratio (SNR). Hasil simulasi menunjukkan relay yang berada di dekat source memiliki kinerja BER yang lebih baik dibandingkan dengan relay di tengah dan di dekat destination untuk protokol AF dan DF. Penggunaan tiga buah relay pada protokol AF dan DF memiliki kinerja BER yang lebih baik dibandingkan penggunaan satu buah relay dengan asumsi jarak relay dari source yang sama. Protokol DF memiliki kinerja yang lebih baik dibanding protokol AF. Faktor jarak dan jumlah relay mempengaruhi kinerja BER pada komunikasi kooperatif. Semakin dekat jarak antara relay dengan source dan semakin banyak jumlah relay yang digunakan maka kinerja BER yang didapat akan semakin baik yang menunjukkan bahwa kinerja dari suatu sistem komunikasi kooperatif tersebut baik.

Kata kunci: Komunikasi kooperatif, pengaruh jarak relay, protokol relay, Amplify and Forward (AF), Decode and Forward (DF), Bit Error Rate (BER).

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK