//

PENGEMBANGAN KEWIRUSAHAAN DI KALANGAN ALUMNI SMK NEGERI 1 CALANG

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rina Murfiana - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Rina Murfiana. 2016. Pengembangan Kewirausahaan Di Kalangan Alumni SMK Negeri 1 Calang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Fikriah Noer, M.Pd, (2) Dra. Rosmala Dewi, M.Pd. Kata Kunci : Pengembangan Kewirausahaan, Alumni SMK Lulusan SMK Negeri 1 Calang merupakan lulusan yang dipersiapkan untuk berwirausaha, dengan dibekali ilmu kewirausahaan sehingga dapat memacu mereka untuk mampu membuka lapangan kerja mandiri atau berwirausaha, karena kewirausahaan merupakan hal sangat penting dalam peningkatan ekonomi suatu daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengembangan kewirausaha dikalangan alumni SMK Negeri 1 Calang dalam berwirausaha, (2) motivasi alumni SMK Negeri 1 Calang dalam berwirausaha, dan (3) faktor-faktor yang menghambat pengembangan kewirausahaan alumni SMK Negeri 1 Calang dalam berwirausaha. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, subjek di ambil dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alumni SMK Negeri 1 Calang khususnya Jurusan Tata Busana telah mengembangkan usaha menjahit busana, dalam bentuk usaha atelier dan modiste. Alumni SMK Negeri 1 Calang ini termotivasi mengembangkan usaha untuk mengaplikasikan ilmu yang telah dimiliki dan membantu perekonomian keluarga, faktor-faktor penghambat yang dihadapi dalam berwirausaha adalah kurangnya modal usaha, fasilitas yang tidak memadai, dan belum mahir merubah model busana yang rumit. Disimpulkan bahwa para responden dalam pengembangan usaha ada peningkatan jumlah konsumen, dan peningkatan mutu dari produk yang dihasilkan. Kepada alumni SMK Negeri 1 Calang yang sudah mengembangkan atau membuka usaha agar lebih kreatif, inovatif dalam menciptakan model-model busana terbaru yang disenangi konsumen dan lebih percaya diri untuk berani mengambil resiko dalam berwirausaha. Disamping itu kepada pemerintah Aceh Jaya, khususnya kepada camat Krueng Sabee agar memperhatikan alumni SMK yang telah membuka usaha, dan membantu mereka seperti memberi bantuan modal dan fasilitas.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMBUATAN DATABASE ALUMNI FAKULTAS MIPA MENGGUNAKAN SOFTWARE ASP.NET (Mahaddir, 2020)

SISTEM INFORMASI ALUMNI UNIVERSITAS ALMUSLIM BIREUN BERBASIS WEB (Ledyana Fitriana, 2014)

PEMBUATAN SISTEM INFORMASI ALUMNI D-III MANAJEMEN INFORMATIKA MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL PADA UNIVERSITAS SYIAH KUALA ( STUDI KASUS : D-III MANAJEMEN INFORMATIKA MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL) (Dony Permata, 2016)

UPAYA MENINGKATKAN KESADARAN HUKUM BERLALU LINTAS PADA SISWA DI SMA NEGERI 1 CALANG (Dian Humaira, 2020)

KOTA CALANG PASCA TSUNAMI, (SATU TINJAUAN PERKEMBANGAN INFRASTRUKTUR, 2005-2017) (Chandra Seba, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy