//

PEMILIHAN MODA TRANSPORTASI PEKERJA DI KECAMATAN DEWANTARA KABUPATEN ACEH UTARA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUHAMMAD ZULFACHRI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pemilihan moda transportasi dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain ciri pengguna jalan, ciri pergerakan, dan ciri fasilitas moda transportasi. Tujuan dari perjalanan pekerja yaitu untuk mencukupi kebutuhan hidup. Kabupaten Aceh Utara dikenal sebagai daerah dengan jumlah pekerja setiap tahunnya selalu meningkat dan pemilihan moda menjadi kaitan utama pekerja menuju tempat bekerja. Pekerja cenderung menggunakan angkutan pribadi menuju ke tempat bekerja dikarenakan lebih mudah. Berdasarkan kondisi tersebut, dilakukan penelitian tentang pemilihan moda angkutan umum dan pribadi yang digunakan pekerja menuju tempat bekerja. Penelitian ini mengambil lokasi di Kecamatan Dewantara Kabupaten Aceh Utara. Pengumpulan data primer dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan wawancara terhadap pekerja di setiap rumah yang ada di Kecamatan Dewantara dengan data per Kepala Keluarga. Variabel terikat pada penelitian yaitu angkutan pribadi meliputi sepeda motor dan mobil, sedangkan angkutan umum meliputi mini bus atau sering dikenal labi–labi dan AKDP sering dikenal Bireuen Express. Waktu berjalan dari rumah ke perhentian (X1), waktu menunggu (X2), waktu dalam kendaraan (X3), dan waktu berjalan dari perhentian ke tujuan (X4), dan biaya parkir (X5) menjadi variabel bebas dalam penelitian ini. Hasil dari perhitungan analisis model logit binomial selisih didapatkan dua model yaitu model perbandingan antara mobil pribadi dengan angkutan umum Y= α + βX atau Loge {(1-PMP)/ PMP} = { 0,1623 + 0,000001 (CMP – CAU) } dengan koefesien determinasi 0,346 (34,6%) dan model perbandingan sepeda motor dengan angkutan umum Y= α + βX atau Loge {(1-PSM)/ PSM} = { 1,2241 – 0,0000011 (CSM – CAU) } dengan koefesien determinasi 0,298 (29,8%). Kata kunci: pemilihan moda, angkutan umum dan pribadi, logit-binomial-selisih.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERSEPSI PEGAWAI NEGERI SIPIL TERHADAP PEMILIHAN MODA UNTUK PERJALANAN KERJA (STUDI KASUS PEGAWAI NEGERI SIPIL KOTA JANTHO YANG BERDOMISILI DI KOTA BANDA ACEH DAN SEKITARNYA) (Rahmad Saputra, 2017)

IDENTIFIKASI SUMBER DAN KETERSEDIAAN PANGAN DI KECAMATAN DEWANTARA KABUPATEN ACEH UTARA (Hendra Pratama, 2017)

PEMOELAN PEMILIHAN MODA TRANSPORTASI BAGI PEKERJA DI KECAMATAN JAYA BARU KOTA BANDA ACEH (Willi Astoni, 2015)

ANALISIS PEMILIHAN MODA TRANSPORTASI ANTARA ANGKUTAN UMUM PENUMPANG MINIBUS AC DENGAN MINIBUS NON AC (STUDI KASUS : BANDA ACEH – TAPAKTUAN) (ANDRIAN, 2019)

ANALISIS PEMILIHAN MODA TRANSPORTASI ANTARA ANGKUTAN UMUM PENUMPANG MINIBUS AC DENGAN MINIBUS NON AC (STUDI KASUS : BANDA ACEH – TAPAKTUAN) (ANDRIAN, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy