//

KEKUATAN POLITIK PARTAI NASDEM PADA PEMENANGAN PEMILU LEGISLATIF DPRK BANDA ACEH TAHUN 2014

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang wahyuriady - Personal Name

Abstrak/Catatan

Partai NasDem mampu mendapat dukungan yang cukup baik dan signifikan pada Pemilihan Legislatif di Kota Banda Aceh tahun 2014, dengan mendapatkan empat kursi di DPRK Banda Aceh walaupun partai NasDem mengikuti pemilu legislatif untuk pertama kalinya pada tahun 2014. Tujuan penelitian adalah untuk mengidentifikasi kekuatan politik internal dan eksternal partai NasDem serta strategi partai NasDem terhadap kemenangan pemilu Legislatif DPRK Banda Aceh tahun 2014 dan untuk menjelaskan tentang faktor-faktor kemenangan partai NasDem pada pemilu Legislatif DPRK Banda Aceh tahun 2014. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif. Dalam penelitian ini data yang dikumpulkan ada dua macam, yaitu data primer didapat dari wawancara langsung dengan informan penelitian dan data sekunder dari dokumentasi dan kepustakaan. Hasil dari penelitian menemukan bahwa strategi yang dijalankan oleh partai NasDem dan sayap partainya secara sistematis, mulai tahap sebelum kampanye yaitu mengorganisir massa baik dari kader maupun simpatisan, kemudian tahap selanjutnya pada saat kampanye dengan memberikan stimulus dalam melancarkan program-program andalan guna meraup dukungan pada kalangan perempuan dan anak muda, kemudian tahap yang terakhir pada pengawasan saat pencoblosan dan penghitungan suara dengan mengawal suara agar tidak terjadi kecurangan dan kehilangan jumlah suara. Partai NasDem melakukan targeting dengan melakukan pemetaan daerah pemilihan berdasarkan keterwakilan dari masing-masing caleg tersebut ternyata sangat efektif guna menjaga suara dan mendapatkan dukungan maksimal di daerahnya masing-masing. Kepada para legislatif dan calon legislative selanjutnya agar mampu menjaga kepercayaan pemilihnya. Kepada Partai NasDem, agar tetap teguh menjalankan amanah rakyat (terutama bagi pemilihnya), menjalankan fungsi-fungsi partai politik dengan baik (rekrutmen, kaderisasi, sosialisasi pendidikan politik, dan sarana penyelesaian konflik masyarakat), dan tetap menjauhkan diri dari Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KKN) yang mengancam kehidupan bermasyarakat.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEKUATAN POLITIK PARTAI NASDEM PADA PEMENANGAN PEMILU LEGISLATIF DPRK BANDA ACEH TAHUN 2014 (wahyuriady, 2016)

STRATEGI PEMENANGAN KURSI DPRK PARTAI GOLKAR PADA PEMILU LEGISLATIF 2014 DI KABUPATEN BIREUEN (SYAHRIZAL, 2015)

ANALISIS KEGAGALAN MARKETING POLITIK PARTAI NASDEM PADA PEMILU LEGISLATIF TAHUN 2019 DI ACEH (ARIZAL SAPUTRA, 2021)

STRATEGI PEMENANGAN PARTAI NASIONAL DEMOKRAT PADA PEMILU LEGISLATIF 2014 DIKOTA BANDA ACEH (JUVINDA, 2015)

STRATEGI PARTAI KEADILAN SEJAHTERA DALAM PEMENANGAN KURSI LEGISLATIF DPRA PADA PEMILU TAHUN 2014 (SUATU KAJIAN: DI KABUPATEN ACEH BESAR) (Muhajir, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy