//

Penerapan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pengurangan Di Kelas II SDN 62 Banda Aceh

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ovriani - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
LEARNING OUTCOMES
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Kata Kunci : Pendekatan Realistik, Hasil Belajar, Pengurangan Penelitian ini berjudul “Penerapan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pengurangan Di Kelas II SDN 62 Banda Aceh”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan pendekatan pembelajaran realistik dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pengurangan di kelas II SDN 62 Banda Aceh, (2) Bagaimanakah aktivitas siswa pada materi pengurangan melalui pendekatan pembelajaran realistik di kelas II SDN 62 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan pendekatan pembelajaran pada materi pengurangan di kelas II SDN 62 Banda Aceh, (2) Untuk mengetahui aktivitas siswa pada materi pengurangan melalui pendekatan pembelajaran realistik di kelas II SDN 62 Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan lembar observasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 62 Banda Aceh sebanyak 21 siswa. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan rumus persentase. Berdasarkan analisis data dapat diperoleh : (1) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa di kelas II SDN 62 Banda Aceh pada materi pengurangan dengan menggunakan pendekatan realistik. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I 28,57%, siklus II meningkat menjadi 57,14%, dan pada siklus III meningkat lagi menjadi 90,48% (tuntas secara klasikal). (1) aktivitas siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata 2,17, menjadi 2,67 pada siklus II, dan pada siklus III menjadi 3,5. Berdasarkan hasil pelaksanaan penelitian tindakan kelas pada siklus I sampai pada siklus III mengalami peningkatan, baik hasil belajar maupun aktivitas siswa.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN MODEL TWO STAY TWO STRAY PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL DI KELAS VII MTSN 2 BANDA ACEH HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN MODEL TWO STAY TWO STRAY PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL DI KELAS VII MTSN 2 BANDA ACEH (Raina Safprihartiwi, 2018)

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI PERBANDINGAN DAN SKALA DI KELAS V SDN 33 BANDA ACEH (Syarifah Wardiana, 2014)

PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI GAYA MAGNET DI KELAS V SDN 33 BANDA ACEH (Fatimah Wati, 2014)

PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA OPERASI PECAHAN DI KELAS VII SMP NEGERI 3 BANDA ACEH (Ida Nursanty, 2015)

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENGOLAHAN DATA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI KELAS VI SDN LABUY ACEH BESAR (Nurhayati, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy