//

PROSES ADAPTASI BUDAYA MAHASISWA NON-ACEH SAAT MENJALANKAN KULIAH KERJA NYATA (KAJIAN KOMUNIKASI ANTARBUDAYA TERHADAP MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Teuku Iqbal Caesar - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini berjudul “Proses Adaptasi Budaya Mahasiswa Non-Aceh Saat menjalankan Kuliah Kerja Nyata (Kajian Komunikasi Antarbudaya terhadap Mahasiswa Universitas Syiah Kuala)”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gejala dan bentuk-bentuk gegar budaya yang timbul pada mahasiswa non-Aceh serta upaya-upaya yang dilakukan untuk beradaptasi dengan lingkungan kuliah kerja nyata (KKN) mereka. Penelitian ini menggunakan teroi ineraksionisme simbolik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data untuk penelitian ini dilakukan dengan menggunakan wawancara semi-terstruktur dan observasi (pengamatan) non-partisipan terhadap informan dalam penelitian ini. Informan dalam penelitian ini berjumlah 12 orang yang berasal dari fakultas-fakultas berbeda di Universitas Syiah Kuala. Informan dipilih secara acak dengan menggunakan kriteria berupa mahasiswa non-Aceh yang telah menyelesaikan mata kuliah KKN. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap informan mengalami gegar budaya saat menjalankan KKN. Gegar budaya masih dialami meski para informan sudah lama menetap di Banda Aceh karena perbedaan budaya yang dimiliki pada lingkungan KKN masing-masing informan. Bentuk-bentuk gegar budaya yang dialami meliputi penampilan, bahasa yang digunakan dan adat-istiadat yang berlaku di lingkungan KKN. Para informan melakukan adaptasi untuk mengatasi gegar budaya dengan berinteraksi, mengikuti kebiasaan masyarakat dan ikut berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan yang diadakan selama KKN berjalan. Kendala bahasa sehari-hari yang berbeda dengan di lingkungan sebelumnya diatasi dengan menggunakan bahasa non-verbal seperti memberi isyarat juga dengan meminta bantuan teman kelompok KKN atau masyarakat yang mengerti dan bisa menerjemahkan bahasa tersebut. Kata Kunci : Proses Adaptasi budaya, Mahasiswa Non-Aceh, Kuliah Kerja Nyata, Komunikasi Antarbudaya

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PROSES ADAPTASI DALAM KOMUNIKASI ANTARBUDAYA (STUDI PADA MAHASISWA INTERNATIONAL STUDENT SOCIETY DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH) (Cut Sri Rahmayani Z, 2014)

KOMUNIKASI ANTARBUDAYA DALAM MENGATASI CULTURE SHOCK (STUDI PADA MAHASISWA ASING DARMASISWA DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA) (NUR ALAWIYAH, 2018)

PROSES ADAPTASI MAHASISWA AFIRMASI PAPUA DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Sutrisno, 2021)

ADAPTASI MAHASISWA PATTANI DI KOTA BANDA ACEH DALAM UPAYA MENGHADAPI CULTURE SHOCK (STUDI PADA KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA) (Arief Fadhillah, 2016)

HUBUNGAN NILAI MATA KULIAH GEOGRAFI SOSIAL BUDAYA GEOGRAFI INDUSTRI DAN GEOGRAFI EKONOMI DENGAN MATA KULIAH KKL I MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Putera Andika, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy