//

ANALISIS KONTRIBUTOR UTAMA PENENTU PERTUMBUHAN EKONOMI WILAYAH PERKOTAAN DI ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUHAMMAD HAFIT - Personal Name
SubjectECONOMIC GROWTH
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS EKONOMI BISNIS UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Judul : Analisis Kontributor Utama Penentu Pertumbuhan Ekonomi Wilayah Perkotaan di Aceh. Nama : Muhammad Hafit NIM : 1001101010091 Fakultas/Jurusan : Ekonomi dan Bisnis / Ekonomi Pembangunan Dosen Pembimbing : Cut Zakia Rizki, SE, M.Si Konsentrasi : Ekonomi Regional dan Perkotaan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontributor utama penentu pertumbuhan ekonomi wilayah Kota Banda Aceh, Sabang, Lhokseumawe, Langsa, dan Subulussalam. Penelitian ini menggunakan data PDRB Kota Banda Aceh, Sabang, Lhokseumawe, Langsa, dan Subulussalam, yaitu yang terdiri dari sembilan sektor utama tersebut yaitu; pertanian; pertambangan dan penggalian; industri pengolahan; listrik, gas, dan air minum; perdagangan, hotel dan restoran; pengangkutan dan komunikasi; Keuangan, persewaan dan jasa perusahaan; serta Jasa-jasa. Data tersebut yaitu pada periode 2007-2013. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis shift share. Hasil penelitian ini menemukan bahwa, selama periode pengamatan tahun 2007-2013, untuk kelima kota pengamatan maka diperoleh masing-masing nilai PS, P dan D bervariasi pada sektor-sektor tertentu. Selanjutnya Kota Banda Aceh, Sabang, Langsa tidak mengalami pergeseran kontributor utamanya yaitu pada sektor tersier. Kondisi tersebut sesuai dengan teori struktur perekonomian modern. Sedangkan Kota Lhokseumawe telah mengalami pergeseran kontributor utamanya, dari sektor sekunder ke sektor tersier. Begitu juga dengan Kota Subulussalam dari sektor primer ke sektor tersier. Kondisi tersebut sesuai dengan teori struktur ekonomi peralihaan dari tradisional ke modern. Kata kunci: kontributor utama, pertumbuhan ekonomi, shift share.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERTUMBUHAN EKONOMI DAN KEMISKINAN DI WILAYAH SUMATERA (MAULIZAR SARI, 2020)

PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI DAERAH DAN PERTUMBUHAN PENDAPATAN ASLI DAERAH TERHADAP PERTUMBUHAN BELANJA DAERAH (STUDI PADA PEMERINTAH KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI ACEH) (SHARA AMELIA PUTRI, 2018)

EFEK SPILLOVER INFRASTRUKTUR TRANSPORTASI JALAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI KOTA DI INDONESIA (HERVIZAYATI, 2018)

ANALISIS PERKEMBANGAN TRANSPORTASI UDARA TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI NEGARA-NEGARA ASEAN (RIZKY ANANDA, 2018)

PENGARUH KUNJUNGAN WISATAWAN DALAM MENINGKATKAN PERTUMBUHAN EKONOMI KABUPATEN ACEH TENGAH (Iwan Bicer, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy