//

Penerapan Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing Pada Materi Dimensi Tiga di Kelas XI SMK Negeri 2 Banda Aceh Tahun Ajaran 2012/2013”

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang sumiyati - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
MATHEMATICS - TEACHING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing, Dimensi Tiga Matematika mempunyai peranan yang sangat penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dengan demikian matematika dapat dikatakan sebagai ilmu dasar yang harus dipelajari oleh manusia. Materi Dimensi Tiga adalah salah satu materi pembelajaran yang diajarkan di kelas XI SMK/SMA/MA. Materi tersebut banyak digunakan dalam ilmu lainnya. Oleh karena itu siswa dituntut harus mampu menguasai materi Dimensi Tiga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa menggunakan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Pada Materi Dimensi Tiga di Kelas XI SMK Negeri 2 Banda Aceh. Penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu hasil belajar siswa pada pembelajaran materi dimensi tiga dengan menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing di kelas XI SMK Negeri 2 Banda Aceh mencapai ketuntasan yang diharapkan. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMK Negeri 2 Banda Aceh, yang tergabung dalam 5 jurusan yaitu: Bangunan, Elektronik, Listrik, Mesin dan Otomotif. Sedangkan yang dijadikan sampel adalah kelas XI jurusan TPTU yang masuk dalam jurusan elektronik. Sampel diambil 1 kelas yang dipilih secara random. Instrumen utama yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes hasil belajar siswa. Sedangkan instrument pendukung dalam pengumpulan data adalah lembar observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran, aktivitas siswa, dan angket respon siswa. Untuk memperoleh data, penulis memberikan tes yang berkaitan dengan materi yang dipelajari dalam bentuk soal uraian. Untuk selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan statistic uji-t. Dari hasil pengolahan data pada taraf signifikan α = 0,05 dan dk= 19, diperoleh thitung ≥ ttabel 3,71 ≥ 1,73 dan ini jelas berada dalam daerah tolak H0, H1 diterima. Pada tingkat kepercayaan 95%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Pada Materi Dimensi Tiga di Kelas XI SMK Negeri 2 Banda Aceh mencapai ketuntasan yang diharapkan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING PADA MATERI SEGIEMPAT DI KELAS VII SMP NEGERI 1 DARUSSALAM ACEH BESAR TAHUN AJARAN 2012/2013 (Nilawati, 2013)

HASIL BELAJAR MELALUI METODE PENEMUAN TRBIMBING PADA MATERI TURUNAN FUNGSI ALJABAR DI KELAS XI MAN RUKOH (BANTA CHAIRULLAH, 2014)

PEMBELAJARAN MELALUI MODEL PENEMUAN TERBIMBING PADA MATERI TURUNAN FUNGSI ALJABAR DI KELAS XI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Rosika Wahyuni, 2019)

PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNINGRNDALAM PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI PENYESUAIAN RNMAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA PADA RNSISWA KELAS V SD NEGERI 56 BANDA ACEH (NURYULIA, 2014)

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN SOFTWARE AUTOGRAPH DI SMA NEGERI 1 LHOKNGAPENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN SOFTWARE AUTOGRAPH DI SMA NEGERI 1 LHOKNGA (Ticaya, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy