//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEKNIK TEAM QUIZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PRANATA SOSIAL MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 KUTA BARO ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Handayani - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
LEARNING OUTCOMES
TEAM QUIZ TYPE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Kata kunci : Model Pembelajaran, Team Quiz, hasil belajar, IPS Terpadu Model pembelajaran kooperatif tipe Team Quiz adalah teknik pembelajaran dengan memainkan topik-topik yang diajarkan pada siswa yang dibagi kedalam beberapa kelompok. Penelitian ini merupakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Quiz bertujuan untuk mengetahui (1) Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Quiz dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pranata sosial; (2) Apakah aktivitas guru dan siswa mencerminkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Quiz; (3) Apakah keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran sesuai dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Quiz; dan (4) Respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Quiz. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Kuta Baro yang berjumlah 14 orang, sedangkan objek penelitiannya adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Quiz pada VIII -1 SMP Negeri 1 Kuta Baro Aceh Besar. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan, lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa pada model pembelajaran kooperatif tipe Team Quiz, lembar pengamatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran kooperatif tipe Team Quiz, tes hasil belajar (evaluasi) siswa dan angket respon siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Quiz. Analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. Hasil penelitian (1) Model pembelajaran kooperatif tipe Team Quiz dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan persentase ketuntasan individual meningkat dari 78% pada siklus pertama menjadi 86% pada siklus kedua, dan persentase ketuntasan klasikal pun meningkat dari 30%, menjadi 90%; (2) Persentase aktivitas guru dan siswa meningkat, aktivitas guru an siswa telah mencerminkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Quz; (3) Keterampilan guru dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Quiz meningkat dari katagori sedang menjadi baik sekali; dan (4) Respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe Team Quiz baik, dimana 13 siswa berpendapat bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Quiz dapat meningkatkan pemahaman terhadap materi yang telah dipelajari yaitu pranata sosial. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Team Quiz dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pranata sosial.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM QUIZ DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII DI SMP NEGERI 11 BANDA ACEH (Lailisa Hanum, 2018)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE TEAM QUIZ MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI 2 MUARA TIGA KABUPATEN PIDIE (ASWATUL HUSNA, 2020)

PENERAPAN MODEL ACTIVE LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN TIPE QUIZ TEAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Dian Amalia, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM QUIZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI OPTIKA GEOMETRI DAN ALAT-ALAT OPTIK DI KELAS X-MIA 1 SMAN 1 KRUENG BARONA JAYA ACEH BESAR (Ornila Zumarni, 2015)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT DAN TEAM QUIZ DALAMPELAJARAN IPS DI KELAS IX SMP MUHAMMADIYAH 1 BANDA ACEH (NURAIDA, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy