//

PENGARUH URBANISASI, PENDIDIKAN DAN PENDAPATAN TERHADAP TINGKAT FERTILITAS DI ACEH (STUDI KASUS UNTUK LIMA KOTA DI ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RENDI ARIALDI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Judul : Pengaruh Urbanisasi, Pendidikan dan Pendapatan Terhadap Tingkat Fertilitas di Aceh (Studi Kasus Untuk Lima Kota di Aceh) Nama : Rendi Arialdi NIM : 1201101010167 Fakultas/Jurusan : Ekonomi/Ekonomi Pembangunan Dosen Pembimbing : Prof. Dr. Said Muhammad, MA Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh urbanisasi, pendidikan dan pendapatan terhadap fertilitas di daerah perkotaan Aceh (Kota Banda Aceh, Sabang, Langsa, Lhokseumawe dan Subulussalam). Dalam penelitian ini, data yang digunakan adalah data panel berbentuk logaritma natural Tahun 2010-2014. Model yang digunakan adalah model panel dengan pendekatan OLS (Ordinary Least Square) dengan metode analisis Fixed Effect Model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan dan pendapatan berpengaruh negatif terhadap fertilitas dengan tingkat signifikansi yang berbeda, sedangkan urbanisasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap fertilitas. Hasil penelitian ini berbeda dengan hasil penelitian di Ghana, China dan beberapa negara di Asia yang menunjukkan bahwa adanya pengaruh negatif urbanisasi terhadap fertilitas. Dengan demikian, untuk menurunkan tingkat fertilitas di daerah perkotaan di Aceh, perlu adanya salah satu kebijakan yang dapat menekan tingkat urbanisasi dan perbaikan pendapatan penduduk dalam rangka untuk memperkecil pertumbuhan penduduk atau pengurangan fertilitas. Kata Kunci : Urbanisasi, Pendidikan, Pendapatan, Fertilitas.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS URBANISASI DI KOTA BANDA ACEH (Nanda Yulfiza, 2013)

ANALISIS PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENDAPATAN TERHADAP TINGKAT FERTILITAS PENDUDUK PEKERJA WANITA (STUDI KASUS : KECAMATAN ULEE KARENG KOTA BANDA ACEH) (Novi Fitriani, 2021)

PENGARUH URBANISASI, PENDIDIKAN DAN PENDAPATAN TERHADAP PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO (PDRB) DI KOTA BANDA ACEH (M Zawir Ghivary, 2020)

ANALISIS PENGGUNAAN UANG NON TUNAI STUDI KASUS DI BANDA ACEH (DARYANTI, 2016)

ANALISIS DAMPAK URBANISASI TERHADAP URBAN DENSITY GRADIENT: STUDI KASUS KOTA-KOTA DI PULAU SUMATERA (AUFHI ALSHA HUSNA N, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy