PENGARUH URBANISASI, PENDIDIKAN DAN PENDAPATAN TERHADAP TINGKAT FERTILITAS DI ACEH (STUDI KASUS UNTUK LIMA KOTA DI ACEH) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENGARUH URBANISASI, PENDIDIKAN DAN PENDAPATAN TERHADAP TINGKAT FERTILITAS DI ACEH (STUDI KASUS UNTUK LIMA KOTA DI ACEH)


Pengarang

RENDI ARIALDI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1201101010167

Fakultas & Prodi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Ekonomi Pembangunan (S1) / PDDIKTI : 60201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Judul : Pengaruh Urbanisasi, Pendidikan dan Pendapatan Terhadap Tingkat Fertilitas di Aceh (Studi Kasus Untuk Lima Kota di Aceh)
Nama : Rendi Arialdi
NIM : 1201101010167
Fakultas/Jurusan : Ekonomi/Ekonomi Pembangunan
Dosen Pembimbing : Prof. Dr. Said Muhammad, MA

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh urbanisasi, pendidikan dan pendapatan terhadap fertilitas di daerah perkotaan Aceh (Kota Banda Aceh, Sabang, Langsa, Lhokseumawe dan Subulussalam). Dalam penelitian ini, data yang digunakan adalah data panel berbentuk logaritma natural Tahun 2010-2014. Model yang digunakan adalah model panel dengan pendekatan OLS (Ordinary Least Square) dengan metode analisis Fixed Effect Model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan dan pendapatan berpengaruh negatif terhadap fertilitas dengan tingkat signifikansi yang berbeda, sedangkan urbanisasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap fertilitas. Hasil penelitian ini berbeda dengan hasil penelitian di Ghana, China dan beberapa negara di Asia yang menunjukkan bahwa adanya pengaruh negatif urbanisasi terhadap fertilitas. Dengan demikian, untuk menurunkan tingkat fertilitas di daerah perkotaan di Aceh, perlu adanya salah satu kebijakan yang dapat menekan tingkat urbanisasi dan perbaikan pendapatan penduduk dalam rangka untuk memperkecil pertumbuhan penduduk atau pengurangan fertilitas.

Kata Kunci : Urbanisasi, Pendidikan, Pendapatan, Fertilitas.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK