REPRESENTASI OPTIMISME DALAM FILM MERRY RIANA: MIMPI SEJUTA DOLAR (ANALISIS SEMIOTIKA TERHADAP TOKOH MERRY RIANA) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

REPRESENTASI OPTIMISME DALAM FILM MERRY RIANA: MIMPI SEJUTA DOLAR (ANALISIS SEMIOTIKA TERHADAP TOKOH MERRY RIANA)


Pengarang

BANISA FITRI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1110102010039

Fakultas & Prodi

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik / Ilmu Komunikasi(S1) / PDDIKTI : 70201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Penelitian ini berjudul “Representasi Optimisme dalam Film Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar (Analisis Semiotika Terhadap Tokoh Merry Riana)”. Film Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar adalah sebuah cerita yang diangkat dari kisah hidupnya seorang Merry Riana yang kini dikenal sebagai motivator dan pengusaha sukses asal Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui representasi optimisme yang terdapat dalam film Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar dengan menggunakan teori semiotika Charles Sanders Peirce. Proses representasi dalam semiotika Peirce berpusat pada kerja sama tiga subjek, yaitu tanda, objek, dan interpretan. Jenis penelitiannya adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik dokumentasi. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari VCD film Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar. Berdasarkan konsep optimisme Charles Richard Snyder ditemukan 7 scene optimisme, diantaranya 2 scene mampu memotivasi diri, 2 scene merasa cukup banyak akal untuk menemukan cara meraih tujuan, 1 scene memiliki kepercayaan diri yang tinggi bahwa segala sesuatunya akan selesai ketika sedang menghadapi tahap sulit, 1 scene cukup luwes untuk menemukan cara alternatif agar sasaran tetap tercapai atau untuk mengubah sasaran semula musykil dijangkau, dan 1 scene mempunyai keberanian untuk memecahkan tugas yang berat menjadi tugas kecil yang mudah ditangani. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aspek tanda, objek dan interpretan yang dominan diperoleh pada film ini adalah tanda tipe legisign yaitu penggunaan dialog dan monolog serta mimik wajah tokoh, objek tipe index berupa sebab akibat dari penggunaan tanda yang mengacu pada optimisme, daninterpretan tipe argument yaitu pemahaman peneliti terhadap tanda dan optimisme Merry Riana yang didasarkan oleh alasan tertentu. Berdasarkan hasil dari kaitan tanda, objek, dan interpretan, ketiganya saling bekerja sama dalam merepresentasikan optimisme baik verbal maupun non verbal yang berbentuk simbolis dan memiliki arti sehingga membantu penonton dalam memahami pesan yang terkandung pada film.
Kata kunci: Representasi, Optimisme, Film Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar, Semiotika Charles Sanders Peirce

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK