//

ANALISIS DISTRIBUSI TEGANGAN PADA HIP STEM PROSTHESIS UNTUK KONDISI MEMBUNGKUK DAN BERSIMPUH MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rizky Syahputra - Personal Name
SubjectFINITE ELEMENT ANALYSIS - ENGINEERING
FRACTURE STRENGTH - MATERIALS SCIENCE
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

Abstrak Hip joint (sendi panggul) adalah sendi yang paling sering mengalami kerusakan akibat tumpuan berat badan dan faktor umur pada manusia. Jenis kerusakan sendi panggul diantaranya adalah fraktur panggul dan osteoarhtritis. Untuk mengatasi osteoarthritis dan memperbaiki fraktur panggul adalah dengan cara Total Hip Arthoplasty (THA). Total Hip Arthoplasty yang dilakukan di Indonesia masih menggunakan hip stem prosthesis import yang didesain untuk masyarakat caucasian sehingga terdapat perbedaan ukuran geometri dan aktivitas yang dilakukan seperti membungkuk dan bersimpuh. Hal tersebut akan berdampak pada efektifitas hip import yang digunakan oleh masyarakat Indonesia. Oleh karena itu diperlukan desain hip stem prosthesis yang sesuai dengan antropometri tubuh masyarakat Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari distribusi tegangan maksimum pada AML (Anatomic Modullary Locking) hip stem prosthesis yang dibangun dengan menggunakan finite element method. Ukuran geometri hip stem prosthesis pada penelitian ini yaitu 140 mm untuk panjang stem dan 38 mm untuk diameter ball head. Berat tubuh yang diasumsikan dalam penelitian ini adalah 70 Kg. Bagian hip stem prosthesis yang menerima berat tubuh adalah pada bagian ball head. Simulasi dilakukan menggunakan software ANSYS Workbench 14.0. Distribusi tegangan maksimum von-mises untuk kondisi membungkuk dan bersimpuh berada pada daerah neck (leher) dari hip stem prosthesis. Nilai tegangan maksimum von-mises untuk kondisi membungkuk adalah 381,35 MPa dan untuk kondisi bersimpuh adalah 410,93 MPa. Nilai tegangan maksimum tersebut belum mencapai tegangan pada titik yield dari material yang digunakan. Kata Kunci : Hip Stem Prosthesis, Tegangan Maksimum, Metode Elemen Hingga

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

OPTIMASI BENTUK DAN GEOMETRI HIP STEM PROSTHESIS MENGGUNAKAN METODE SHAPE OPTIMIZATION BERBASIS ANALISIS ELEMEN HINGGA (LILIS ANGRIANI, 2018)

APLIKASI METODE TOPOLOGY OPTIMIZATION BERBASIS ANALISIS ELEMEN HINGGA UNTUK OPTIMASI BENTUK DAN GEOMETRI HIP STEM PROSTHESIS (M ILHAM TANAMAS, 2019)

ANALISIS DISTRIBUSI TEGANGAN PADA DESAIN HIP STEM PROSTHESIS UNTUK KONDISI BERJALAN DAN NAIK TANGGA MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA (M. Ari Azhari, 2016)

OPTIMASI BENTUK HIP STEM PROSTHESIS UNTUK KONDISI BERJALAN DENGAN MENGGUNAKAN TOPOLOGY OPTIMIZATION BERBASIS METODE ELEMEN HINGGA (Heri Faisandra, 2020)

ANALISIS TEGANGAN PADA LN2 STORAGE TANK MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA (Muhardian Supanji, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy