//

PERBANDINGAN ONSET PENGELUARAN ASI PERTAMA PADA WANITA DENGAN ANTENATAL BREAST CARE YANG MELAHIRKAN NORMAL DAN SEKSIO SESAREA DI RSUDZA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fitri Akmalia - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pemberian ASI memiliki banyak manfaat. Pemberian ASI sepatutnya dimulai segera setelah melahirkan. Untuk mempertahankan pengeluaran ASI pasca melahirkan dapat dibantu dengan perawatan payudara selama kehamilan. Beberapa faktor risiko dapat mengakibatkan keterlambatan onset pengeluaran ASI. Salah satu faktor tersebut adalah seksio sesarea. Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan onset pengeluaran ASI pada wanita dengan antenatal breast care yang melahirkan normal dan seksio sesarea. Jenis penelitian ini adalah analitik observasional dengan rancangan potong lintang. Data penelitian diperoleh dari hasil wawancara di ruang bersalin RSUDZA. Analisa data menggunakan chi-square. Berdasarkan hasil penelitian onset pengeluaran ASI pertama yang terjadi < 72 jam pasca melahirkan normal terjadi pada 21 wanita (87,5%) dan 12 wanita (50%) pada seksio sesarea. Onset pengeluaran ASI pertama yang terjadi ≥72 jam pasca melahirkan normal 3 wanita (12,5%) dan yang melahirkan seksio sesarea 12 wanita (50%). Hasil uji statistik diperoleh perbedaan yang bermakna antara onset pengeluaran ASI pertama dengan jenis persalinan. Terdapat perbandingan yang bermakna terhadap onset pengeluaran ASI pertama pada wanita dengan antenatal breast care yang melahirkan normal dan seksio sesarea . Wanita seksio sesarea memiliki risiko empat kali terhadap onset pengeluaran ASI ≥72 jam meskipun terdapat perawatan payudara selama kehamilan. Oleh karena itu diperlukan dukungan untuk proses menyusui pasca melahirkan pada seksio sesarea Kata kunci: ASI, antenatal brast care, melahirkan normal, seksio sesarea

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN KEJADIAN EKSPULSI INTRA UTERINE DEVICE (IUD) PASCA PLASENTA DENGAN METODE PERSALINAN PERVAGINAM DAN SEKSIO SESAREA DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (dr. Didy Hamidi, 2021)

GAMBARAN KUNJUNGAN ANTENATAL CARE (ANC) DI POLIKLINIK OBSTETRIK RSUDZA THUN 2018 (KLARINA ELSA SITI SARAH, 2019)

HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP, USIA DAN PARITAS IBU HAMIL DENGAN ANTENATAL CARE DI PUSKESMAS DARUSSALAM ACEH BESAR TAHUN 2014 (Chyntarra Wulanda, 2015)

HUBUNGAN PERSALINAN PERVAGINAM DAN PERSALINAN SEKSIO SESAREA DENGAN KEJADIAN ASFIKSIA NEONATORUM DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH RNDR. ZAINOEL ABIDIN RNBANDA ACEH (Dian Muliasari, 2015)

HUBUNGAN USIA IBU, TINGGI BADAN, BMI SEBELUM PERSALINAN, TFU DAN BERAT LAHIR BAYI TERHADAP KEJADIAN SEKSIO SESAREA RNKARENA CEPHALOPELVIC RNDISPROPORTION (Izza Chairani, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy