//

UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN KRIM EKSTRAK ETIL ASETAT BIJI PEPAYA (CARICA PAPAYA LINN.) MENGGUNAKAN METODE DPPH (2,2-DIFENIL-1-PIKRILHIDRAZIL)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Maya Farida - Personal Name
SubjectCHROMATOGRAPHY
ANTIOXIDANTS - APPLIED NUTRITION
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

Penelitan uji aktivitas antioksidan krim ekstrak etil asetat biji pepaya (Carica papaya Linn.) telah dilakukan dengan tujuan untuk menentukan nilai IC50 dan stabilitas dari krim. Ekstrak etil asetat diperoleh menggunakan metode maserasi, penapisan metabolit sekunder secara fitokimia dan uji antioksidan menggunakan metode DPPH (2,2-difenil-1-pikrilhidrazil). Uji aktivitas antioksidan dilakukan dengan mengukur kemampuan ekstrak dalam meredam DPPH yang dinyatakan dengan nilai IC50. Ekstrak yang diperoleh diformulasi menjadi krim dengan konsentrasi 0,5% (F1), 1% (F2), dan 1,5% (F3), kemudian dilakukan uji aktivitas antioksidan. Krim dengan IC50 terkecil selanjutnya diuji stabilitas meliputi organoleptis, pH, daya sebar, dan viskositas dengan metode cycling test. Ekstrak yang diperoleh memiliki karakteristik berupa minyak berwarna coklat kemerahan dan berbau khas pepaya. Hasil uji fitokimia menunjukkan ekstrak etil asetat biji antioksidan sangat kuat dengan nilai IC5020,39 ppm. Krim F3 memiliki IC50 terkecil yaitu 30,28±1,14 ppm dan tergolong antioksidan sangat kuat. Hasil uji stabilitas krim menunjukkan bahwa krim mengalami perubahan bau, warna, homogenitas dan viskositas, akan tetapi tidak memperlihatkan perubahan nilai pH dan daya sebar. Kata Kunci : Carica papaya Linn., DPPH, antioksidan, dan IC50

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

SINTESIS NANOPARTIKEL TEMBAGA MENGGUNAKAN EKSTRAK DAUN SEMBUNG (BLUMEA BALSAMIFERA L.) SERTA UJI ANTIOKSIDANNYA DENGAN METODE DPPH (Ida Karnila, 2020)

FORMULASI DAN UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN SEDIAAN MASKER PEEL-OFF FRAKSI ETIL ASETAT KULIT BUAH COKELAT (THEOBROMA CACAO L.) DENGAN METODE DPPH (Risnanda Farzia Rizki, 2016)

PERBANDINGAN AKTIVITAS ZONA HAMBAT EKSTRAK ETANOL BIJI PEPAYA (CARICA PAPAYA L.) MUDA DAN TUA TERHADAP PERTUMBUHAN ISOLAT KLINIS CANDIDA ALBICANS (Mira Wijayanti, 2016)

PENGARUH EKSTRAK DAUN PEPAYA (CARICA PAPAYA LINN) TERHADAP PENYEMBUHAN ULKUS TRAUMATIK MUKOSA ORAL (PENELITIAN PADA TIKUS MODEL) (Gustiyani, 2014)

UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN PADA EKSTRAK ETANOL DAUN SIRSAK (ANNONA MURICATA L.) DENGAN MENGGUNAKAN METODE DPPH (1,1-DIFENIL-2-PIKRILHIDRAZIL) (RATIH DELVIYANTI, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy