PENERAPAN MATHEMATICAL HABITS OF MIND UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENERAPAN MATHEMATICAL HABITS OF MIND UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA


Pengarang

ELVIRA HAJRIDA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1109200160046

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

`ABSTRAK
Elvira Hajrida (2016). Penerapan Mathematical Habits of Mind untuk Meningkatkan
Kemampuan Pemahaman dan Kemampuan Berpikir kreatif Matematis Siswa.
Penerapan strategi Mathematical Habits of Mind (MHM) bertujuan untuk
mengembangkan kemampuan pemahaman dan kemampuan berpikir kreatif
matematis siswa. Kebiasaan mengekplorasi ide-ide matematis pada saat
pembelajaran dengan strategi MHM akan mendorong siswa berpikir fleksibel. Cara
berpikir demikian memungkinkan siswa memperoleh berbagai solusi atau strategi
penyelesaian yang bersifat baru atau unik. Penelitian ini adalah penelitian
eksperimen dengan desain penelitian Pre-test post-test control group design. Subjek
penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Meulaboh dengan
mengambil sampel dua kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol) melalui teknik
random sampling dari lima kelas paralel yang tersedia. Pengumpulan data dilakukan
dengan menggunakan instrumen tes yaitu tes kemampuan pemahaman matematis dan
kemampuan berpikir kreatif matematis. Untuk meihat adanya perbedaan kemampuan
pemahaman matematis dan kemampuan berpikir kreatif matematis antara kelas
strategi MHM dan konvensional digunakan uji-t dengan taraf signifikan 0,05 setelah
prasyarat pengujian terpenuhi. Dari data dan hasil uji statistik kemudian dianalisis
dengan bantuan Microsoft Excel 2007 untuk mengintepretasikan kemampuan
pemahaman dan kemampuan berpikir kreatif matematis dengan menggunakan
strategi MHM. Berdasarkan analisis diperoleh bahwa 1) terdapat peningkatan siswa
yang mengikuti pembelajaran dengan strategi MHM memiliki kemampuan
pemahaman matematis yang lebih baik dengan nilai peningkatan 0,660; 2) terdapat
peningkatan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi MHM memiliki
kemampuan berpikir kreatif matematis yang lebih baik dengan nilai peningkatan
0,575; 3) terdapat korelasi antara kemampuan pemahaman matematis dengan
kemampuan berpikir kreatif matematis dengan tingkat hubungan sedang (r = 0,40).
Kata Kunci : Kemampuan pemahaman matematis, kemampuan berpikir kreatif
matematis, Strategi Mathematical Habits of Mind

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK