//

INTERAKSI SIMBOLIK SEBAGAI WUJUD IDENTITAS DIRI PADA KOMUNITAS LESBIAN DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NABIL CARTYN - Personal Name
SubjectINTERPERSONAL RELATION
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini berjudul Komunikasi “Interaksi Simbolik sebagai Wujud Identitas Diri Pada Komunitas Lesbian Di Kota Banda Aceh”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk simbol interaksi komunitas lesbian di Kota Banda Aceh, dan mengkaji penggunaan simbol-simbol interaksi sebagai wujud identitas pada lesbian. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori komunikasi interaksionisme simbolik. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan wawancara mendalam sebagai teknik pengumpulan data. Dalam penelitian ini terdapat 5 (lima) orang informan sebagai lesbian yang ada di Banda Aceh dengan pemilihan informan secara snowball. Berdasarkan hasil penelitian, komunikasi nonverbal dan verbal yang digunakan oleh komunitas lesbian berjalan lancar dan mereka lebih mudah untuk membuka diri atau berkomunikasi dengan baik ketika dihadapkan kepada interaksi terhadap sesama lesbian. Simbol verbal yang digunakan oleh komunitas lesbian lebih kepada kerahasian makna dalam berbicara agar tidak diketahui oleh orang lain. Dari sisi simbol-simbol nonverbal lesbian lebih sering menampakan diri di depan umum untuk menyatakan bahwa mereka ada dan memudahkan kaum lesbian mengartikan masksud dari tujuan kepada sesama lesbian. Berdasarkan beberapa narasumber menyatakan bahwa identitas dirinya pada masyarakat melalui interaksi simboliknya. Lesbian yang memiliki pemahaman konsep diri yang benar, lebih mudah untuk membuka diri atau melakukan coming out. Dengan melihat keberadaan simbol-simbol seorang lesbian, sudah selayaknya kita dapat mebedakan antara wanita hetroseksual dengan wanita lesbian dengan harapan masyarakat dapat menghindari dan berprilaku sebenarnya di kehidupan lingkungan masyarakat. Kata Kunci : Komunikasi Antar Budaya, Interaksi Simbolik, Komunitas Lesbian.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KONSEP DIRI DALAM PROSES KOMUNIKASI LESBIAN DI ACEH TIMUR (CHADEVI JAUHARI, 2021)

STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM MEMOTIVASI DIRI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (STUDI TERHADAP SISWA SD NEGERI 5 BANDA ACEH) (YUNDA SUFNI, 2018)

EVEKTIVITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA GURU DENGAN ANAK AUTIS DI BIRO PSIKOLOGI PSIKODINAMIKA BANDA ACEH (Wahyuni, 2020)

KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM MEMBENTUK KONSEP DIRI MURID PENYANDANG TUNANETRA DI SLB BUKESRA BANDA ACEH (Intan Maisarah, 2019)

PENGUNGKAPAN DIRI DAN KAITANNYA DENGAN HUBUNGAN INTERPERSONAL REMAJA (STUDI KORELASIONAL DI SMAN 5 BANDA ACEH) (Fitra Marsela , 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy