//

MEMORI KOLEKTIF MASYARAKAT KOTA BANDA ACEH TERHADAP PARTAI DEMOKRASI INDONESIA PERJUANGAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SITI FARDILLAH - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK SITI FARDILLAH, 2016 MEMORI KOLEKTIF MASYARAKAT KOTA BANDA ACEH TERHADAP PARTAI DEMOKRASI INDONESIA PERJUANGAN Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Syiah Kuala (Prof. Dr. Adwani, SH., M.Hum dan Maimun, MA) Perolehan suara oleh PDIPerjuangan mengalami penurunan yang sangat signifikan. Pada pemilu legislatif tahun 2014 di Kota Banda Aceh, PDI Perjuangan memperoleh suara terendah, yaitu sebanyak 1.152 dari jumlah total 92.977, sehingga PDI Perjuangan tidak mendapatkan kursi di DPR Kota Banda Aceh. Hal tersebut erat kaitannya dengan kebijakan yang tidak tepat pada masa pemerintahan Megawati Soekarno Putri dalam menerapkan darurat militer di Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui memori kolektif pada masyarakat Kota Banda Aceh terhadap PDI Perjuangan dan pengaruh memori kolektif terhadap perolehan suara PDI Perjuangan pada pemilu legislatif tahun 2014 di Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendakatan kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan penelitian lapangan dan kajian pustaka. Penelitian lapangan dilakukan dengan mewawancarai informan yang bersangkutan dan membagikan kuesioner kepada responden, sedangkan kajian pustaka dilakukan dengan menggunakan dokumen seperti buku–buku, jurnal, dan karya ilmiah lainnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya memori kolektif yang tidak baik pada masyarakat Kota Banda Aceh terhadap PDI Perjuangan akibat penerapan darurat militer di Aceh pada masa pemerintahan Megawati Soekarno Putri sebagai Presiden di tahun 2003. Memori kolektif yang tidak baik pada masyarakat Kota Banda Aceh telah mempengaruhi masyarakat Kota Banda Aceh dalam memilih PDI Perjuangan, sehingga PDI Perjuangan mengalami perolehan terendah pada pemilu legislatif tahun 2014 di Kota Banda Aceh dan tidak mendapatkan kursi di DPR Kota Banda Aceh. Kepada PDI Perjuangan diharapkan untuk melakukan sosialisasi dan pendekatan kepada masyarakat agar dapat memperbaiki citra dan nama baik partai guna memperoleh hasil suara yang lebih baik untuk kedepannya. Kata Kunci : Memori Kolektif, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEKALAHAN PARTAI DEMOKRASI INDONESIA PERJUANGAN PADA PEMILU LEGISLATIF 2014 DI KOTA BANDA ACEH (WAHYU RINALDI, 2015)

PERAN PARTAI GERAKAN INDONESIA RAYA DALAM MEMBERIKAN PENDIDIKAN POLITIK BAGI MASYARAKAT DI KOTA BANDA ACEH (eri saputra, 2014)

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PARTAI AMANAT NASIONAL PASCA EKSISTENSI PARTAI LOKAL ACEH ( SUATU PENELITIAN DI KOTAMADYA BANDA ACEH ) (Muhammad Prawoto, 2016)

SUATU TINJAUAN TENTANG KEDUDUKAN PARTAI POLITIK LOKAL TERHADAP PELAKSANAAN DEMOKRASI DI KOTA BANDA ACEH (Rahmadsyah Putra, 2020)

PENGARUH PARTAI POLITIK LOKAL TERHADAP PERKEMBANGAN POLITIK DI KOTA BANDA ACEH (Marisa Nabila, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy