//

HUBUNGAN LAMA PENGGUNAAN KONTRASEPSI DEPO MEDROKSIPROGESTERON ASETAT (DMPA) DENGAN OBESITAS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Suciana - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kontrasepsi Depo Medroksiprogesteron Asetat (DMPA) merupakan kontrasepsi injeksi golongan progestin (Progestin Only Injectable Contraceptive) yang mengandung medroksiprogesteron asetat yang diinjeksikan setiap 3 bulan. Penggunaan kontrasepsi DMPA dapat menimbulkan berbagai efek samping, salah satunya adalah peningkatan berat badan yang nyata. Peningkatan berat badan dapat bertambah seiring lamanya penggunaan, sehingga sangat berisiko terhadap terjadinya obesitas. Lamanya penggunaan kontrasepsi DMPA dapat mempengaruhi kejadian obesitas pada akseptor kontrasepsi DMPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan lama penggunaan kontrasepsi DMPA dengan obesitas. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode analitik cross sectional yang dilakukan dari bulan Desember 2013-Februari 2014 di wilayah kerja Puskesmas Kuta Alam Banda Aceh terhadap 78 responden. Untuk mengukur lamanya penggunaan kontrasepsi DMPA digunakan kuesioner dan untuk mengukur obesitas dilakukan pengukuran BMI. Analisis data menggunakan uji Chi-Square dengan CI 95% dan α = 0,05. Sebanyak 20,5% akseptor kontrasepsi DMPA dengan lama penggunaan DMPA 3-18 bulan mengalami obesitas, sedangkan akseptor yang menggunakan kontrasepsi DMPA >18 bulan sebanyak 59% mengalami obesitas dengan p value 0,001 seehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara lama penggunaan kontrasepsi DMPA dengan obesitas. Kata Kunci: DMPA, Lama Penggunaan Kontrasepsi DMPA, Obesitas.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN LAMA PENGGUNAAN KONTRASEPSI DEPO MEDROKSIPROGESTERON ASETAT (DMPA) DENGAN OBESITAS (Suciana, 2014)

HUBUNGAN LAMA PENGGUNAAN KONTRASEPSI SUNTIKRNDEPO MEDROKSI PROGESTERON ASETAT (DMPA)RNDENGAN PERUBAHAN SIKLUS MENSTRUASIRNDI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KOPELMARNDARUSSALAM BANDA ACEH 2013 (Yuces Permata Lisna, 2014)

HUBUNGAN PEMAKAIAN KONTRASEPSI HORMONAL DENGAN OBESITAS PADA IBU DI PUSKESMAS KOTA BANDA ACEH (mutia sari andayani, 2015)

HUBUNGAN PENGGUNAAN KONTRASEPSI HORMONAL TERHADAP KELUHAN MENOPAUSE PADA WANITA DI DESA LAMBARO SKEP KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH (Misbahul Jannah, 2014)

HUBUNGAN PENGGUNAAN KONTRASEPSI HORMONAL TERHADAP KELUHAN MENOPAUSE PADA WANITA DI DESA LAMBARO SKEP KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH (Misbahul Jannah, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy