Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
UPAYA GURU BK DALAM MEMBENTUK RASA PERCAYA DIRI (SELF CONFIDENCE) PADA SISWA (SUATU PENELITIAN PADA GURU BK DAN SISWA DI SMP NEGERI BANDA ACEH)
Pengarang
Iin Faryani - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1006104060028
Fakultas & Prodi
Fakultas / / PDDIKTI :
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2016
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Kata Kunci : Upaya Guru BK, Membentuk Rasa Percaya Diri Siswa
Penelitian ini berjudul “Upaya Guru BK Dalam Membentuk Rasa Percaya Diri
(self confidence) Siswa” (suatu penelitian pada guru BK di SMP Negeri Banda Aceh).
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang bagaimana upaya guru BK
dalam membentuk rasa percaya diri siswa di SMP dan mendiskripsikan faktor-faktor
apa saja yang menyebabkan rendahnya rasa percaya diri. Penelitian ini menggunakan
pendekatan deskriftif kualitatif yang menguraikan suatu masalah berdasarkan data
yang ada. Objek penelitian adalah rasa percaya diri siswa, sedangkan subjek
penelitian adalah 5 orang guru BK dan 9 orang siswa di SMP Negeri Banda Aceh.
Pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan observasi. Langkah
langkah analisis data dilakukan dengan mereduksi data, penyajian data, menarik
kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, upaya
guru BK dalam membentuk rasa percaya diri siswa yaitu: mengenali gejala awal
yang menyebabkan rendahnya percaya diri, mencatat siswa yang memerlukan
bimbingan, mencari faktor yang menyebabkan rendahnya rasa percaya diri,
mengembangkan kemampuan dan keterampilan, mengatasi masalah yang
menyebabkan rendahnya rasa percaya diri, melakukan layanan bimbingan
kelonmpok, memberikan layanan melibatkan siswa dalam berbagai kegiatan,
memberi kegiatan dan dukungan agar siswa dapat berinteraksi dengan masalahnya
sendiri, mencegah timbulnya masalah yang menyebabkan rendahnya rasa percaya
diri, evaluasi rasa percaya diri siswa.Kedua, faktor-faktor yang menyebabkan
rendahnya rasa percaya diri siswa yaitu : status ekonomi keluarga yang rendah,
hubungan keluarga yang kurang harmonis, kurang perhatian dari orang tua, sering
diejek oleh teman, penampilan yang kurang menarik seperti gendut dan hitam, gugup
ketika berbicara di depan kelas, pemalu, minder.
Tidak Tersedia Deskripsi
UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER KEMANDIRIAN SISWA SMA NEGERI 4 BANDA ACEH (Deska Alza Maizara, 2018)
UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KONTROL DIRI SISWA DI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Siti Ummami, 2014)
UPAYA GURU BERPRESTASI (TELADAN) DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA (STUDI KASUS) DI SEKOLAH DASAR NEGERI UNGGUL LAMPEUNEURUT KECAMATAN DARUL IMARAH ACEH BESAR (VIRNA AFTALIA, 2018)
EFEKTIVITAS PENDEKATAN GESTALT DENGAN TEKNIK PARADOXICAL INTERVENTION UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI SISWA (Euis Mayangsari, 2018)
UPAYA GURU PENJASORKES DALAM MEMPERSIAPKAN OLIMPIADE RNOLAHRAGA SISWA NASIONAL (O2SN) PADA SMA NEGERI KOTA RNBANDA ACEH TAHUN 2014 (M. Ammar Fortuna, 2015)