//

ANALISIS KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BIOLOGI DALAM PELAKSANAAN KEGIATAN PRAKTIKUM DI LABORATORIUM MELALUI LESSON STUDY DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP ILMIAH SISWA SMA NEGERI 2 DAN MA NEGERI 2 DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Vivi Yunisa Harahap - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penerapan lesson study terhadap kompetensi profesional, keterampilan proses sains dan sikap ilmiah siswa. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret 2015 sampai Februari 2016. Metode penelitian merupakan penelitian pengembangan melalui penerapan lesson study. Jenis penelitian merupakan Pre-Experimental Design dengan One-Shot Case Study. Subjek penelitian adalah guru Biologi di SMA Negeri 2 dan MAN 2 Banda Aceh serta siswa kelas XI sebanyak 33 siswa (SMA Negeri 2) dan 29 siswa (MAN 2) Banda Aceh. Instrumen data berupa lembar observasi dan angket. Data dianalisis dengan rumus korelasi pearson, korelasi ganda, Uji-t dan Uji-F. Hasil uji-t menunjukkan: (1) penerapan lesson study berpengaruh terhadap profesionalisme guru, thitung 249,75 > ttabel 12,70, (2) penerapan lesson study terhadap pelaksanaan praktikum berkategori sangat baik (89%) di SMA 2 dan (82%) di MAN 2, (3) penerapan lesson study berpengaruh terhadap keterampilan proses sains, thitung 23,25 > ttabel 2,05 (MAN 2), dan thitung 17,77 > ttabel 2,03 (berpengaruh siginifikan) (SMA 2), (4) penerapan lesson study berpengaruh terhadap sikap ilmiah siswa, thitung 74,02 > ttabel 2,05 (MAN 2), dan thitung 65,82 > ttabel 2,03 (berpengaruh signifikan) (SMA 2), dan (5) penerapan lesson study berpengaruh terhadap keterampilan proses sains dan sikap ilmiah siswa, Fhitung 3,98 > Ftabel 3,37 (MAN 2), dan Fhitung 12,05 > Ftabel 3,32 (berpengaruh signifikan) (SMA 2). Kesimpulan dari penelitian adalah (1) terdapat pengaruh positif dari penerapan lesson study terhadap keterampilan proses sains dan sikap ilmiah siswa, dan (2) penerapan lesson study pada kegiatan praktikum pada kategori sangat baik di SMA 2 dan MA 2 Banda Aceh

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU BIOLOGI DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS LESSON STUDY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS GURU DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 11 DAN MA NEGERI 3 KOTA BANDA ACEH. (Eva Murtisal, 2016)

KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PADA SD NEGERI 13 KOTA BANDA ACEH (KHATIJAH, 2018)

PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS PRAKTIKUM PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DI SMA NEGERI 11 BANDA ACEH (Kamalliansyah Walil, 2019)

ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPA DI SD NEGERI UNGGULLAMPEUNEURUT ACEH BESAR (ILSADIATI, 2017)

KEMAMPUAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP ILMIAH SISWA PADA PROSES PEMBELAJARAN DI KELAS V SD NEGERI 03 KOTA BANDA ACEH (DESI MAHARA REZEKI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy