//

Penyalahgunaan narkoba oleh siswa SMA serta penanggulangnya(studi kasus pada siswa SMA kota B.Aceh)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ahmad Muhazir - Personal Name
SubjectNARCOTICS ABUSE
STUDENTS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penyalahgunaan narkoba dikalangan siswa merupakan masalah yang paling kompleks, oleh karena tidak menyangkut pada remaja atau pelajar itu sendiri, tetapi juga melibatkan banyak pihak baik keluarga, lingkungan tempat tinggal, lingkungan sekolah, teman sebaya, tenaga kesehatan, serta aparat hukum baik sebagai faktor penyebab, pencetus ataupun yang menaggulangi. Adapun masalah penelitian ini, bagaimana persepsi siswa SMA terhadap narkobat, faktor apa saja yang menyebabkan siswa menyalahgunakan narkoba, dan upaya apa saja yang dilakukan bagi siswa yang telah menyalahgunakan narkoba. Metode penelitian ini menggunakan penelitian dekriptif kualitatif yang mengkaji sejauh mana persepsi siswa terhadap narkoba, faktor apa saja yang menyebabkan siswa menggunakan narkoba dan bagaimana cara mengobati siswa yang telah menjadi pecandu narkoba. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA yang mengetahui tentang narkoba sebanyak 20 siswa dari tiga (3) sekolah SMA yang ada di Kota Banda Aceh serta anak SMA yang berada pada pusat rehabilitasi narkoba di Kota Banda Aceh. Sampel diambil dengan tehnik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tehnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh diolah dengan metode naratif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengetahuan (persepsi) siswa mengenai narkoba cukup baik walaupun belum mencapai hasil yang optimal, dengan demikian diharapkan pemerintah dapat mensosialisasikan tentang bahaya narkoba di sekolah-sekolah melalui tambahan pelajaran, seminar dan penyuluhan-penyuluhan agar siswa mengetahui dampak penyalahgunaan narkoba. Dengan mengetahui narkoba dan dampak bahaya dari penggunaan narkoba serta untuk mengatasi pengaruh buruk narkoba, siswa menggunakan waktu luang untuk melakukan berbagai kegiatan seperti ekstrakulikuler, membantu orang tua dan mengikuti kegiatan-kegiatan relegi di sekolah. Sehubungan dengan masih banyaknya siswa yang belum mengetahui dampak buruk dari narkoba, diharapkan pemerintah dapat mensosialisasikan tentang bahaya narkoba di sekolah-sekolah melalui tambahan pelajaran, seminar dan penyuluhan-penyuluhan agar siswa mengetahui dampak penyalahgunaan narkoba.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UPAYA GURU PEMBIMBING DALAM PENCEGAHAN PENYALAHGUNAAN NARKOBA DI KALANGAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS SMA NEGERI 5 KOTA BANDA ACEH (Umi Kasum, 2019)

PERSEPSI SISWA TERHADAP NARKOBA DAN KAITANNYARNDENGAN KECENDERUNGAN PENYALAHGUNAAN NARKOBARN(STUDI KORELASIONAL PADA SISWA-SISWA DI SMP NEGERI 9 DAN SMP NEGERI 20RNTAKENGON ACEH TENGAH) (jaharani alasta, 2014)

KEJAHATAN PENYALAHGUNAAN NARKOBA PADA REMAJA KOTA LANGSA (STUDI KASUS REMAJA KECAMATAN LANGSA KOTA) (Zuhairina, 2020)

PENYALAHGUNAAN NARKOBA OLEH SISWA SMA SERTA PENANGGULANGNYA(STUDI KASUS PADA SISWA SMA KOTA B.ACEH) (Ahmad Muhazir, 2013)

DAMPAK PENYALAHGUNAAN NARKOBA DAN PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING PADA SISWA SMAN 6 TAKENGONKAB ACEH TENGAH (Yuni Rahmadani, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy