//

PERENCANAAN JALUR EVAKUASI BENCANA TSUNAMI PADA GAMPONG JAWA DAN GAMPONG PANDE KECAMATAN KUTA RAJA KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Drila Siltun - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Pada saat tsunami 2004, Kota Banda Aceh terbagi dalam tiga wilayah yaitu wilayah parah terkena tsunami, wilayah sedang dan wilayah yang tidak terkena tsunami. Wilayah yang parah adalah yang berada di wilayah pesisir, salah satunya yaitu Gampong Jawa dan Gampong Pande di Kecamatan Kuta Raja. Jalur evakuasi sangat penting dibuat pada kedua desa tersebut untuk keselamatan masyarakat bila gempa dan tsunami kembali terjadi. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk merencanakan jalur evakuasi bencana tsunami pada wilayah tersebut. Perencanaan jalur evakuasi harus memperhatikan jaringan jalan dan kepadatan penduduk setempat. Proses evakuasi berkaitan dengan waktu evakuasi. Data yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer adalah : pola data pergerakan masyarakat yang didapat dari hasil responden melalui kuesioner, jaringan jalan existing, data geometrik jalan, fasilitas-fasilitas lain pada jalan dan bangunan publik. Sedangkan data sekunder diantaranya Peta Kota Banda Aceh, Peta Kecamatan Kuta Raja, Peta indeks risiko bencana Tsunami Provinsi Aceh dan data jumlah penduduk berdasarkan Kartu Keluarga. Pengolahan data melalui beberapa tahapan yaitu, mengidentifikasi titik evakuasi yang layak, menganalisisi pola pergerakan masyarakat berdasarkan hasil responden, menghitung jarak dan waktu tempuh dari jaringan jalan existing pada wilayah studi, menghitung kinerja jalan dan merencanakan jalur evakuasi berdasarkan lebar jalan, waktu tempuh kinerja jalan. Hasil dari penelitian ini adalah bagi pengguna kendaraan bermotor terdapat 13 jalur yang layak untuk 8 titik evakuasi untuk masyarakat Gampong jawa dan 9 jalur yang layak untuk 8 titik evakuasi untuk masyarakat Gampong Pande. Sedangkan bagi pejalan kaki terdapat 5 jalur yang layak untuk 5 titik evakuasi untuk masyarakat Gampong Jawa dan 2 jalur yang layak untuk 1 titik evakuasi untuk masyarakat Gampong Pande. Kata kunci: Jalur evakuasi tsunami, jarak, waktu tempuh, kinerja jalan

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERENCANAAN JALUR EVAKUASI BENCANA TSUNAMI PADA DESA MERDUATI DAN DESA LAMPASEH KOTA KECAMATAN KUTARAJA KOTA BANDA ACEH (Rifha Fachriani, 2016)

ANALISIS TINGKAT KELAYAKAN PROSES EVAKUASI TSUNAMI DI KECAMATAN KUTA ALAM (Enny Irmawati Hasan, 2018)

PERENCANAAN JALUR EVAKUASI BENCANA TSUNAMI PADA DESA KEUDAH DAN DESA PEULANGGAHAN KECAMATAN KUTA RAJA KOTA BANDA ACEH (Riska Putri Khairunnisa, 2016)

ANALISIS KETERSEDIAAN JALUR EVAKUASI BENCANA TSUNAMI KOTA BANDA ACEHRN(STUDI KASUS JEULINGKE, TIBANG, DEAH RAYA) (Abrar Akbar, 2015)

KAJIAN JALUR EVAKUASI DAN TITIK EVAKUASI BENCANA GEMPABUMI BERPOTENSI TSUNAMI ( STUDI KASUS KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH ) (Zainal Abidin, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy