//

STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM UPAYA PEMBINAAN MUTU GURU SEKOLAH DASAR (STUDI PADA GUGUS BUNGONG SEROJA KOTA BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fauziah - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “strategi Kepala Sekolah dalam Upaya Pembinaan Mutu Guru SD di Gugus Bungong Seroja Kota Banda Aceh”. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana strategi Kepala Sekolah dalam Upaya Pembinaan Mutu Guru SD di Gugus Bungong Seroja Kota Banda Aceh.” Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) yang bersifat deskriptif kualitatif (Qualitative Research). Data diperoleh melalui observasi dan wawancara yang dilakukan dengan para kepala sekolah yang diambil dari masing-masing sekolah dasar (SD) yang ada di Gugus Bungong Seroja Kota Banda Aceh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi kepala sekolah dalam upaya pembinaan mutu guru di sekolah adalah dengan pembinaan guru secara bertahap dan pemberdayaan Guru dengan kelompok kerja (KKG) serta melibatkan guru dalam berbagai kegiatan ekstra kurikuler sekolah (perlombaan) agar guru bisa berkreasi dan menuangkan kemampuannya bersama dengan siswa. Setiap kepala sekolah yang berada dalam gugus ini juga melakukan pengendalian/kontrol terhadap pelaksanaan pendidikan dan hasilnya melalui rapat evaluasi serta lembar dokumen lainnya berupa RPP, absensi, lembar penilaian dan lembar evaluasi. Kendala yang dihadapai kepala sekolah dalam menyusun startegi tersebut adalah tidak memadainya fasilitas yang tersedia selama ini, belum maksimalnya kemauan guru untuk mengembangkan kemampuan atau keterampilannya serta keterlibatannya dalam berbagai kegiatan di sekolah dan efesiensi anggaran yang kurang memadai dalam program pembinaan pendidikan. Disarankan Kepada guru agar berupaya maksimal dalam meningkatkan mutu mengajar di segala aspek kompetensi, baik dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi proses pembelajaran. Kepada kepala sekolah agar terus berupaya menyusun dan menerapkan berbagai strategi dalam upaya pembinaan mutu guru sekolah dasar yang ada di Kota Banda Aceh. Kepada pemerintah terutama Dinas Pendidikan agar mengalokasikan dana yang memadai serta melakukan pengawasan langsung ke lapangan terhadap berbagai upaya yang dilakukan oleh sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU SD DI GUGUS BUNGONG KEUPULA KECAMATAN ULEE KARENG KOTA BANDA ACEH (LIZHI CHIJRI, 2018)

UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN GURU SEKOLAH DASAR PADA GUGUS 4 KECAMATAN TIMANG GAJAH KABUPATEN BENER MERIAH (RAHMAT SUSANTO, 2017)

STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SD NEGERI 1 PEUKAN BADA ACEH BESAR (Nurasiah, 2014)

KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PADA SD GUGUS VI INTI GEUMPANG KABUPATEN PIDIE (ABDUL HADI, 2019)

KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU PADA SMP NEGERI 2 SIMEULUE TIMUR (Karina Purwanti, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy