//

MODAL SOSIAL PADA PEMBERDAYAAN PEREMPUAN (SUATU STUDI PADA PEREMPUAN PENGRAJIN KELOMPOK TUNGKOP INDAH DI GAMPONG RAWA TUNGKOP, KECAMATAN INDRAJAYA, KABUPATEN PIDIE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Syawal - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini berjudul Modal Sosial pada Pemberdayaan Perempuan (Suatu Studi pada Perempuan Pengrajin Kelompok Tungkop Indah di Gampong Rawa Tungkop, Kecamatan Indrajaya, Kabupaten Pidie). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan modal sosial yang ada pada kelompok Tungkop Indah, keterkaitan modal sosial dengan pemberdayaan pada perempuan pengrajin, dan kontribusi kerajinan terhadap penghasilan pengrajin. Untuk mengkaji permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan instrument pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori modal sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modal sosial pada kelompok Tungkop Indah terdiri dari norma sosial yang berupa adanya aturan sesama pengrajin dan kesepakatan dalam menentukan harga yang sama dengan semua pengrajin, adanya sikap saling percaya atau jujur terhadap yang lainnya, adanya jaringan sosial seperti jaringan yang diwujudkan dalam sikap kerjasama dan saling berbagi ilmu antara pengrajin lama dengan anggota baru dalam kelompok, adanya jaringan pengrajin dengan pelanggan atau distributor serta adanya jaringan dengan lembaga Dekranasda. Sedangkan keterkaitan modal sosial dengan pemberdayaan pada perempuan pengrajin kelompok Tungkop Indah terlihat dari adanya peningkatan potensi pengrajin. Peningkatan potensi pengrajin tersebut ditandai dengan sudah adanya kemampuan untuk menghasilkan kerajinan dalam bentuk yang lebih bervariasi seperti kupiah meukutop, tas, baju, dompet dan peci. Sebelumnya pengrajin kelompok Tungkop Indah hanya mampu menghasilkan kupiah meukeutop saja. Aktivitas kerajinan pada kelompok Tungkop Indah memberikan kontribusi bagi penghasilan atau ekonomi pengrajin. Kata Kunci: Modal Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Kontribusi Kerajinan

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KONTRIBUSI PENDAPATAN PEREMPUAN DALAM EKONOMI KELUARGA DI DESA GAMPONG LADA KECAMATAN MUTIARA KABUPATEN PIDIE (Yusmaida, 2021)

MODAL SOSIAL KELOMPOK PEREMPUAN NUSA CREATION COMMUNITY DALAM AKTIVITAS EKONOMI MANDIRI DI GAMPONG NUSA, KECAMATAN LHOKNGA, ACEH BESAR (Novita Handayani, 2020)

DAMPAK PERALIHAN LAHAN TERHADAP PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT ( STUDI DI GAMPONG TUNGKOP KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR) (Meri Yupita, 2019)

PRODUKSI DAN PEMASARAN KASAB DI KECAMATAN INDRAJAYA KABUPATEN PIDIE (LISA ASRIANI, 2020)

KONTRIBUSI PENDAPATAN PEREMPUAN PENGRAJIN EMPING MELINJO TERHADAP PENDAPATAN KELUARGA DI DESA DAYAH BEUREUEH KECAMATAN MUTIARA KABUPATEN PIDIE (FAISAL HADI, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy