//

PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN AFEKTIF UNTUK MENGUKUR SIKAP SISWA TERHADAP NILAI ATAU NORMA YANG BERHUBUNGAN DENGAN MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI INDONESIA DI MAN RUKOH BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MARLIZA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini dilaksanakan di MAN Rukoh Banda Aceh pada Februari sampai dengan Maret 2015. Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrumen penilaian afektif untuk mengukur sikap siswa terhadap nilai atau norma yang berhubungan dengan materi keanekaragaman hayati Indonesia di MAN Rukoh Banda Aceh. Metode penelitian merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Hasil penelitian, dari 60 butir instrumen afektif skala likert modifikasi yang dirancang dan divalidasi oleh tiga orang dosen ahli diperoleh 44 butir instrumen yang dapat di uji coba. Selanjutnya 44 butir instrumen yang telah diuji coba kepada 272 responden, didapat 12 butir instrumen yang tidak valid dengan koefisien korelasi ≤ 0,3. Reliabilitas diperoleh 0,868 dikategorikan sangat baik. Setelah diuji coba selanjutnya 32 butir instrumen diberikan kepada 100 responden untuk mengukur sikap siswa dan diperoleh rata-rata sikap siswa sebesar 103.97 yaitu berada pada kategori sikap positif. Kesimpulan bahwa kualitas butir/item pernyataan sikap skala likert yang dikembangkan telah valid dan reliabel sehingga dapat memenuhi kriteria sebagai alat evaluasi sikap yang baik. Instrumen yang dihasilkan telah dapat mengukur sikap siswa terhadap nilai atau norma yang berhubungan dengan materi keanekaragaman hayati Indonesia. Kata kunci : Instrumen penilaian afektif, skala likert, keanekaragaman hayati Indonesia.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI TITRASI ASAM BASA DI KELAS XI PADA SMAN 7 BANDA ACEH (Tursina, 2015)

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERDASARKAN TUMBUHAN DI HUTAN KOTA BANDA ACEH MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI (Anindita Syafitri, 2018)

SELF ASSESSMENT SISWA TERHADAP RANAH AFEKTIF PADA MATERI FUNGSI DI KELAS VIII SMPN 17 BANDA ACEHTAHUN PELAJARAN 2015/2016 (Radifal Husna, 2017)

PENGARUH PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI (Kamalia Riska, 2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK DALAM MENUNTASKAN BELAJAR SISWA PADA MATERI PELESTARIAN KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KELAS VII SMPN 8 BANDA ACEH (Jennifer Lukman Tanjung, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy