HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA MATERI BANGUN RUANG DI KELAS IV SD NEGERI 18 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA MATERI BANGUN RUANG DI KELAS IV SD NEGERI 18 BANDA ACEH


Pengarang

nur maulidawati - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0906104040100

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Kata Kunci: Hasil belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS, bangun
ruang balok dan kubus.
Penelitian yang berjudul “Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Materi Bangun Ruang Di
Kelas IV SD Negeri 18 Banda Aceh” ini mengangkat masalah apakah siswa dapat
mencapai ketuntasan hasil belajarnya melalui penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe Think Pair Share pada materi bangun ruang? Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa dengan menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada materi bangun ruang.
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah
siswa SDN 18 Banda Aceh tahun ajaran 2012-2013, sedangkan sampel yang diambil
adalah siswa kelas IV SD Negeri 18 tersebut yang berjumlah 30 orang. Pengumpulan
data dalam penelitian ini melalui data tes hasil belajar. Data tersebut diolah dengan
menggunakan rumus statistik uji-t. Dengan taraf signifikan ? = 0,05 dengan derajat
kebebasan dk = (n-1) = (30-1). Dari nilai tersebut diperoleh
= 1,70 karena
3,67 > 1,70 maka

>

, sehingga H
0
ditolak dan H
(
,
)
()
diterima. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran
1
kooperatif tipe Think Pair Share siswa dapat mencapai ketuntasan hasil belajar nya
pada materi bangun ruang (Balok dan Kubus). Oleh karena itu disarankan guru dapat
mengaplikasikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif
tipe Think Pair Share khususnya pada materi bangun ruang balok dan kubus di
Sekolah Dasar.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK