//

APLIKASI DOSIS ARANG KOMPOS BIOAKTIF DAN KONSENTRASI PUPUK ORGANIK CAIR TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TERUNG (SOLANUM MELONGENA L.)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang CUT NUR MAULIZA SATTARI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Cut Nur Mauliza Sattari. Aplikasi Dosis Arang Kompos Bioaktif dan Konsentrasi Pupuk Organik Cair terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Terung (Solanum melongena L.), dibawah bimbingan Elly Kesumawati sebagai ketua dan Nurhayati sebagai anggota. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dosis arang kompos bioaktif dan pupuk organik cair pada tanaman terung, serta interaksi diantara kedua faktor tersebut.Penelitian ini dilaksanakan di Kebun Percobaan Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala pada bulan November 2015 sampai dengan Februari 2016. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok pola faktorial 4 X 4 dengan tiga ulangan dan terdapat dua faktor yang diteliti, faktor pertama adalah dosis arang kompos bioaktif yang terdiri dari empat taraf, yaitu kontrol, 10, 20 dan 30 ton/ha. Faktor kedua konsentrasi pupuk organik cair yang terdiri dari empat taraf, yaitu: kontrol, 2, 4, dan 6 ml/L air.Peubah yang diamati dalam penelitian ini adalah, tinggi tanaman, diameter batang dan jumlah daun per tanaman pada umur 2, 3, 4, 5, 6 dan 7 MSPT, jumlah buah pertanaman, berat buah per tanaman, panjang buah pertanaman dan diameter buah per tanaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dosis arang kompos bioaktif berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman umur 2, 3, 4, 5, 6 dan 7 MSPT, jumlah buah per tanaman dan berat buah per tanaman, berpengaruh tidak nyata terhadap diameter batang dan jumlah daun pada umur 2, 3, 4, 5, 6, dan 7 MSPT, panjang buah per tanaman dan diameter buah per tanaman. Dosis arang kompos bioaktif yang lebih baik dijumpai pada 10 ton/ha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi pupuk organik cair berpengaruh tidak nyata terhadap semua parameter yang di amati. Konsentrasi pupuk organik cair lebih baik dijumpai pada konsentrasi 2 ml/L. Terdapat interaksi yang tidak nyata antara dosis arang kompos bioaktif dengan konsentrasi pupuk organik cair terhadap parameter pertumbuhan dan hasil tanaman terung. Hal ini berarti perbedaan dosis arang kompos bioaktif yang dicobakan terhadap tanaman terung tidak tergantung pada perbedaan konsentrasi pupuk organik cair dan begitu pula sebaliknya.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH JENIS MEDIA TANAM DAN KONSENTRASI PUPUK ORGANIK CAIR TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TERUNG UNGU (SOLANUM MELONGENA L.) (Lilis Marhawi, 2015)

PENGARUH DOSIS KOMPOS AMPAS TAHU DAN GIBERELIN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TERUNG (SOLANUM MELONGENA L.) (LAILA SARI TANJUNG, 2018)

PENGARUH PEMBERIAN PUPUK KOMPOS DAN PUPUK ORGANIK CAIR TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN KACANG PANJANG (VIGNA SINENSIS L.) (Erfina Muthmainnah, 2013)

PENGARUH DOSIS ARANG KOMPOS BIOAKTIF DAN JENIS ZAT PENGATUR TUMBUH TERHADAP PERTUMBUHAN SETEK NILAM (Fitri Pratama Ayu Marpaung, 2016)

PENGARUH DOSIS KASCING DAN KONSENTRASI PUPUK ORGANIK CAIR TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT DURIAN (DURIO ZIBETHINUS MURR) HASIL PENYAMBUNGAN (Ibbal Harliza, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy