PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI KELILING DAN LUAS LINGKARAN PADA SUBTEMA KOMPONEN EKOSISTEM DI KELAS V SD NEGERI 5 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI KELILING DAN LUAS LINGKARAN PADA SUBTEMA KOMPONEN EKOSISTEM DI KELAS V SD NEGERI 5 BANDA ACEH


Pengarang

lisa turrahmi - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1106104040075

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Kata kunci: Penerapan, Pendekatan Saintifik, Keliling dan Luas Lingkaran.
Penelitian yang berjudul “Penerapan Pendekatan Saintifik Pada Materi Keliling Dan Luas Lingkaran Pada Subtema Komponen Ekosistem di Kelas V SD Negeri 5 Banda Aceh” ini mengangkat masalah Bagaimana ketuntasan belajar peserta didik dan aktivitas peserta didik di kelas V SD Negeri 5 Banda Aceh pada materi keliling dan luas lingkaran setelah diajarkan dengan menerapkan pendekatan saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ketuntasan hasil belajar peserta didik dan aktivitas peserta didik melalui penerapan pendekatan saintifik pada materi keliling dan luas lingkaran pada Subtema Komponen Ekosistem di kelas V SD Negeri 5 Banda Aceh. Subjek dalam penelitian ini peserta didik kelas Va SD Negeri 5 Banda Aceh yang berjumlah 33 peserta didik yang terdiri dari 19 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi, dan tes hasil belajar. Metode pengolahan data dilakukan dengan menganalisis ketuntasan belajar peserta didik dan aktivitas peserta didik. Hasil dari menganalisis menunjukkan bahwa ketuntasan peserta didik secara klasikal dikatakan tuntas karena persentase ketuntasan peserta didik mencapai 87,88%, artinya dari 33 peserta didik sebanyak 29 peserta didik yang tuntas belajar dan 4 peserta didik yang tidak tuntas, dan aktivitas peserta didik pada setiap kali pertemuan dikatakan mencapai keberhasilan karena rata-rata dari aktivitasnya sudah mencapai cukup aktif dan aktif.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK