//

GAYA HIDUP KONSUMTIF DI KALANGAN MAHASISWA (STUDI DESKRIPTIF GAYA HIDUP KONSUMTIF MAHASISWA DI KOTA BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang muhammad ikhsan - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui bagaimana gaya hidup konsumtif dan faktor-faktor yang mempengaruhi gaya hidup konsumtif di kalangan mahasiswa di Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan salah satu teori postmodern, yaitu teori masyarakat konsumsi Jean Paul Baudrillard untuk menganalisis gaya hidup konsumtif mahasiswa di Kota Banda Aceh. Dalam masyarakat konsumsi Baudrillard menjelaskan bahwa masyarakat tidak lagi mengonsumsi nilai guna yang melekat pada suatu barang, akan tetapi lebih pada pemanfaatan nilai simbolis untuk dijadikan penanda dalam kehidupan sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Kualitatif Deskriptif. Penelitian ini berlokasi di Kota Banda Aceh, umumnya penelitian ini dilakukan pada cafe-cafe (Tower Coffe dan Tower Premium), pusat perbelanjaan modern (Hermes Palace Mall), dan restoran makanan cepat saji KFC (Kentucky Fried Chicken) Simpang Lima. Sedangkan untuk teknik pengumpulan data yang digunakan ialah: Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: Analisis Sebelum di Lapangan, Analisis Selama di Lapangan, Reduksi Data, dan Penyajian Data. Dalam penelitian ini yang menjadi informan ialah mahasiswa yang berada di Kota Banda Aceh yang telah ditetapkan sebelumnya, informan berjumlah 6 (enam) mahasiswa yang terdiri dari 2 (dua) informan laki-laki, dan 4 (empat) informan perempuan. Dari rangkaian kegiatan penelitian disimpulkan bahwa gaya hidup konsumtif mahasiswa di Kota Banda Aceh tercermin dari kegemarannya dalam mengonsumsi produk-produk bermerk di pusat perbelanjaan modern, dan kegemaran mahasiswa ngumpul di café-café yang lagi terkenal, mewah, dan modern, juga kegemarannya makan di restoran makanan cepat saji. Mahasiswa cenderung memiliki gengsi yang besar jika menggunakan produk-produk yang dipasaran. Gaya hidup yang berkembang seperti jalan-jalan ke mall sudah menjadi kebiasan di kalangan mahasiswa di Kota Banda Aceh. Gaya hidup tidak terlepas dari persoalan konsumsi, dalam hal berkonsumsi mahasiswa di Kota Banda Aceh cenderung melibatkan hasrat dan hilangnya nilai-nilai rasionalitas dalam berkonsumsi. Adapun beberapa faktor yang mempengaruhi gaya hidup konsumtif mahasiswa di Kota Banda Aceh ialah: pengaruh lingkungan perkotaan, pengaruh lingkungan pergaulan (teman sebaya), dan pengaruh teknologi dan informasi. Kata Kunci: Gaya Hidup Konsumtif, Konsumsi Simbol, Mahasiswa.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

FENOMENA GAYA HIDUP PENGGUNA ANDROID DI KALANGAN MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNSYIAH (Yusriani, 2015)

PERBEDAAN PERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA DITINJAU BERDASARKAN JENIS KELAMIN (Zainab Maryati, 2015)

PENGARUH SOCIAL MEDIA TERHADAP IMPULSE BUYING PADA PEREMPUAN SHOPAHOLIC DI BANDA ACEH DENGAN GAYA HIDUP KONSUMTIF SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI PADA PENGGUNA INSTAGRAM DAN BLACKBERRY MESSENGER DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA) (Maulina Nadira, 2015)

GAYA HIDUP MAHASISWA PERANTAU DI KOTA BANDA ACEH (STUDI KASUS PADA FASHION MAHASISWA KABUPATEN ACEH BARAT DAYA DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA ANGKATAN 2015) (SARTIKA PUTRI ELVIRA, 2020)

HUBUNGAN ANTARA RELIGIUSITAS DENGAN GAYA HIDUP HEDONISME PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA (ARDILLA SAPUTRI, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy