//

PENGARUH PEMBERIAN PAKAN ALAMI YANG BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP IKAN KUWE (CARANX IGNOBILIS)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Putri Narisah - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendapatkan pakan terbaik dari beberapa pakan alternatif yang diberikan terhadap pertumbuhan dan kelangsungan hidup ikan kuwe (Caranx ignobilis). Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 4 taraf perlakuan yaitu pemberian ikan rucah, keong mas (Pomacea canaliculata), udang rebon (Acetes sp.), dan cacing laut (Nereis sp.) dengan lima ulangan. Pakan yang diberikan sebanyak 5% dari bobot tubuh ikan per hari 2 kali sehari. Hasil uji ANOVA menunjukkan bahwa pemberian pakan alami yang berbeda berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan mutlak, pertumbuhan spesifik, pertumbuhan harian, konversi pakan dan efisiensi pakan (P0,05). Pemberian pakan cacing laut (Nereis sp.) memberikan nilai tertinggi untuk pertumbuhan, dimana pertambahan bobot dan pertumbuhan harian masing-masing 10,35 g dan 0,18 g per hari. Laju pertumbuhan spesifik yaitu 2,01% per hari, konversi pakan 2,63, dan nilai efisiensi pakan 38,06%. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa pemberian pakan alami yang terbaik pada penelitian ini adalah cacing laut . Kata kunci : Ikan Kuwe (Caranx ignobilis), Laju Pertumbuhan, Kelangsungan Hidup, Pakan alternatif, Protein

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH SALINITAS YANG BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN JUVENIL IKAN KUWE (CARANX IGNOBILIS) (Boihaqi, 2016)

PENGARUH PEMBERIAN KEONG MAS (POMACEA CANALICULATA) SEBAGAI PAKAN ALTERNATIF TERHADAP KELANGSUNGAN HIDUP, KONVERSI DAN EFISIENSI PAKAN IKAN KUWE (CARANX IGNOBILIS) (ALVIN TIMANG, 2021)

PENGARUH SUPLEMENTASI ARANG AKTIF SEKAM PADI TERHADAP PERTUMBUHAN IKAN KUWE (CARANX IGNOBILIS) (Yessi Iman Sari, 2020)

DAYA CERNA LIPID PADA PAKAN IKAN KUWE (CARANX IGNOBILIS) DALAM WAKTU YANG BERBEDA (MARLINA, 2016)

PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP LARVA IKAN BETOK (ANABAS TESTUDINEUS) PADA PEMBERIAN PAKAN ALAMI ZOOPLANKTON (MISRAWATI, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy