//

DANA DESA DAN KEPADATAN BELANJA DI KECAMATAN MEURAXA KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SYARIFAH VANDIRATIKA HARNING - Personal Name
SubjectBUDGET
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS EKONOMI BISNIS UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

Abstrak Abstrak Judul: Dana Desa dan Kepadatan Belanja di Kecamatan Meuraxa Kota Banda Aceh Nama: Syarifah Vandiratika Harning NIM: 1201101010108Fakultas/Jurusan: Ekonomi & Bisnis/Ekonomi Pembangunan Konsentrasi: Ekonomi Perkotaan Pembimbing: Amri, S.Si., M.Si Suatu bentuk kepedulian pemerintah pusat terhadap pengembangan wilayah pedesaan adalah anggaran pembangunan secara khusus yang tercantum dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk pembangunan wilayah pedesaan, yaitu dana desa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi kepadatan belanja dana desa di Kecamatan Meuraxa Kota Banda Aceh. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif yakni penelitian yang menggunakan metode pengumpulan data yang didapat secara langsung dari responden melalui wawancara serta menggunakan kajian pustaka dan hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan. Responden dalam penelitian ini adalah kepala desa, sekertaris desa, bendahara desa, tuha peut, sekretaris camat dan beberapa warga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan dana desa di Kecamatan Meuraxa telah berjalan dengan baik, meskipun terdapat kendala dalam pelaksanaannya. Adapun partisipasi masyarakatnya masih rendah, dikarenakan tidak semua desa mengikutsertakan masyarakat dalam proses perencanaan maupun pelaksanaan kegiatan. Kepadatan belanja dana desa telah memberikan dampak yang positif terhadap pembangunan desa, dapat dilihat dari terbantunya kebutuhan desa, bertambahnya aset desa yang menyebabkan peningkatan pendapatan desa. Namun partisipasi masyarakat yang rendah menyebabkan pencapaian tujuan dari pemanfaatan dana desa tidak optimal. Implikasinya adalah dengan adanya dana desa, investasi di desa semakin bertambah sehingga telah meningkatkan pembangunan baik dalam bidang infrastruktur, ekonomi maupun sosial. Kata Kunci : Dana Desa, Pengelolaan, Partisipasi Masyarakat, Kepadatan Belanja

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH DAN DANA BAGI HASIL TERHADAP BELANJA MODAL DAERAH DENGAN BUDGET RATCHETING SEBAGAI PEMODERASI (STUDI PADA KABUPATEN/KOTA SE-ACEH) (Dian Maya Sofa, 2017)

ANALISA KEPADATAN PENDUDUK KOTA BANDA ACEH DENGAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (STUDI KASUS KECAMATAN MEURAXA) (IRFAN, 2015)

PENGARUH SISA LEBIH PERHITUNGAN ANGGARAN, PENDAPATAN ASLI DAERAH, DANA BAGI HASIL, DAN LUAS WILAYAH TERHADAP BELANJA MODAL (Riza Rona, 2017)

PENGARUH VARIAN PENDAPATAN ASLI DAERAH, VARIAN DANA PERIMBANGAN DAN SISA LEBIH PERHITUNGAN ANGGARAN TERHADAP VARIAN BELANJA MODAL DAN IMPLIKASINYA TERHADAP REALISASI BELANJA MODAL DI INDONESIA ( Laila Murhani Kasdy, 2017)

PENGARUH PERUBAHAN PENDAPATAN ASLI DAERAH, PERUBAHAN DANA BAGI HASIL, DAN PERUBAHAN SISA LEBIH PERHITUNGAN ANGGARAN TERHADAP PERUBAHAN BELANJA BANTUAN SOSIAL (STUDI PADA PEMERINTAH KABUPATEN/KOTA DI ACEH) (AMRAN, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy