//

INVENTARISASI JENIS TUMBUHAN OBAT YANG DIGUNAKAN MASYARAKAT UNTUK PENYEMBUHAN PENYAKIT HIPERTENSI DAN DIABETES MELLITUS DI KECAMATAN RUNDENG KOTA SUBULUSSALAM

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Kusyanti - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian berjudul “Inventarisasi Jenis Tumbuhan Obat yang Digunakan Masyarakat untuk Penyembuhan Penyakit Hipertensi dan Diabetes mellitus di Kecamatan Rundeng Kota Subulussalam” telah dilaksanakan mulai dari Januari-Maret 2016. Penelitian ini bertujuan mengetahui jenis tumbuhan, bagian, cara pengolahan dan penggunaan tumbuhan obat untukpenyakit hipertensi dan diabetes mellitus oleh masyarakat di Kecamatan Rundeng Kota Subulussalam. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan observasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif yaitu data ditampilkan dalam bentuk tabel. Hasil penelitian Ditemukan 20 jenis tumbuhan obat yang terdiri dari 19 genus, 18 familia untuk penyembuhan penyakit hipertensi dan 28 jenis tumbuhan obat yang terdiri 28 genus, 25 familia untuk penyakit diabetes mellitus yang digunakan masyarakat di Kecamatan Rundeng Kota Subulussalam, Bagian-bagian tumbuhan yang digunakan sebagai obat untuk penyakit hipertensi dan diabetes mellitus yaitu seluruh bagian tumbuhan, dan yang paling dominan yaitu menggunakan bagian daun. Bagian tumbuhan yang lain yaitu bagian buah, akar bunga, rimpang, kulit buah, dan biji. Cara pengolahan tumbuhan obat untuk penyembuhan penyakit hipertensi dan diabetes mellitus yang paling dominan dengan cara direbus, dan yang lainnya hanya diblender dan ditumbuk. Cara penggunaan tumbuhan obat untuk penyembuhan penyakit hipertensi dan diabetes mellitus yang paling dominan yaitu dengan cara diminum yang lainnya dimakan dan ditapalkan pada luka. Simpulan penelitian ini adalah ditemukan 20 jenis tumbuhan obat yang terdiri dari 19 genus, dan 18 familia untuk penyembuhan penyakit hipertensi dan 28 jenis tumbuhan obat yang terdiri 28 genus, dan 25 familia untuk penyakit diabetes mellitus yang digunakan masyarakat di Kecamatan Rundeng Kota subulussalam, bagian-bagian tumbuhan obat yang digunakan untuk penyembuhan penyakit hipertensi yaitu, daun, buah, akar seluruh bagian tumbuhan, bunga dan rimpang. Sedangkan bagian-bagian tumbuhan yang digunakan untuk penyembuhan penyakit diabetes mellitus yaitu: daun, akar, seluruh bagian tumbuhan, buah, kulit buah, biji dan rimpang, cara pengolahan tumbuhan obat untuk penyembuhan penyakit hipertensi dan diabetes mellitus yaitu dengan cara direbus, diblender serta ditumbuk. Sedangkan cara penggunaan tumbuhan obat untuk penyembuhan penyakit hipertensi dan diabetes mellitus yaitu dengan cara diminum, dimakan serta ditapalkan pada luka. Kata Kunci : tumbuhan obat, hipertensi, diabetes mellitus

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

INVENTARISASI JENIS TUMBUHAN OBAT YANG DIGUNAKAN MASYARAKAT UNTUK PENYEMBUHAN DIABETES MELLITUS DI KECAMATAN SAMALANGA KABUPATEN BIREUEN (Nuria Ulfa, 2020)

PEMANFAATAN TUMBUHAN SEBAGAI OBAT DIABETES MELLITUS DAN DARAH TINGGI DI KECAMATAN BLANGJERANGO KABUPATEN GAYO LUES (KARTIKA WATI, 2020)

PENGGUNAAN TUMBUHAN SEBAGAI OBAT PENYAKIT DIABETES DI KECAMATAN KAWAY XVI KABUPATEN ACEH BARAT PENGGUNAAN TUMBUHAN SEBAGAI OBAT PENYAKIT DIABETES DI KECAMATAN KAWAY XVI KABUPATEN ACEH BARAT (Cut Tiandary Yusar, 2016)

INVENTARISASI JENIS TUMBUHAN OBAT DI KECAMATAN TELUK DALAM KABUPATEN SIMEULUE (Raja Damai, 2014)

MINAT SISWA SD NEGERI KUALA KEUPENG KECAMATAN RUNDENG KOTA SUBULUSSALAM TERHADAP MATA PELAJARAN PENJASORKES (Dewi Astuty, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy