//

PERCERAIAN DI KECAMATAN SAMALANGA KABUPATEN BIREUN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurrahmati - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Perceraian, Kecamatan Samalanga Penelitian ini menyangkut permasalahan faktor-faktor penyebab terjadinya perceraian di Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireuen. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah ketidaksesuaian antara keadaan masyarakat Samalanga yang memahami ilmu agama namun terjadinya peningkatan kasus perceraian setiap tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya perceraian di Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireun dan dampak yang terjadi setelah perceraian. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan, dan penelitian lapangan, melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Pengolahan dan analisis data dilakukan dengan mendeskribsikan hasil observasi, dokumentasi dan wawancara. Subjek dalam penelitian adalah pasangan yang telah sah bercerai. Adapun cara pengambilan subjek penelitian dilakukan secara purposif sampling yaitu diambil sebanyak 1 orang pada beberapa desa di Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor penyebab terjadinya perceraian di Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireun adalah karena masalah komunikasi, keuangan, perbedaan kepribadian, perbedaan tujuan pernikahan, tidak adanya nafkah lahir dan batin, poligami, menuduh melakukan perbuatan zina, perselingkuhan dan campur tangan orang tua/keluarga. Selain itu, dampak positif setelah bercerai antara lain korban perceraian mendapat dukungan/motivasi dari keluarga dan masyarakat. Dampak negatifnya anak-anak korban perceraian tidak dapat merasakan kasih sayang yang utuh dari kedua orang tuanya. Keluarga, masyarakat merasa kecewa atas keputusan perceraian tersebut. Selain itu ada diantara korban perceraian yang merasa trauma untuk berumah tangga lagi. Di simpulkan bahwa faktor penyebab perceraian yang terjadi di Samalanga adalah karena masalah komunikasi dan tidak mampu terpenuhi keuangan keluarga secara maksimal. Di sarankan kepada seluruh masyarakat, khususnya yang berdomisili di Samalanga agar tidak terburu-buru mengambil keputusan bercerai jika terdapat masalah dalam rumah tangga, dan dapat melaksanakan pernikahan dengan bijaksana sabar atas segala cobaan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN KARAKTERISTIK ENTREPRENEUR DENGAN KEBERHASILAN USAHA TAMBAK UDANG DI KECAMATAN SAMALANGA KABUPATEN BIREUN (T. MOHD. ZULFIKAR, 2019)

ANALISIS NILAI SOSIAL DALAM CERITA RAKYAT DI KECAMATAN SAMALANGA KABUPATEN BIREUEN (Mutia Fazira, 2017)

TRANSFORMASI TRADISI MEUDIKEE DALAM KONTEKS MASYARAKAT SAMALANGA DI KABUPATEN BIREUEN (LIDIA FITRI, 2019)

GAMBARAN RESILIENSI PADA REMAJA PASKA BENCANA GEMPA BUMI DI PESANTREN SAMALANGA (Khalid Aqmal, 2019)

INVENTARISASI JENIS TUMBUHAN OBAT YANG DIGUNAKAN MASYARAKAT UNTUK PENYEMBUHAN DIABETES MELLITUS DI KECAMATAN SAMALANGA KABUPATEN BIREUEN (Nuria Ulfa, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy