//

MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA MATERI PELUANG DI KELAS X SMA NEGERI 11 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2014/2015

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Yasser Pangestu - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penyebab kurang bermakna sebuah pembelajaran pada diri siswa karena proses pembelajaran selalu dimulai dari guru dan tidak pernah dimulai dari siswa, pembelajaran tersebut telah memposisikan guru sebagai sosok yang dominan pada proses pembelajaran dan siswa relatif pasif sehingga interaksi belajar mengajar lebih berpusat pada guru, maka dari itu salah satu model yang releven untuk membantu siswa lebih aktif dalam suatu pembelajaran adalah dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI). Model (PBI) merupakan model yang diawali dengan penyajian masalah yang berhubungan dengan kehidupan nyata untuk dipecahkan oleh siswa, oleh karena itu siswa dapat mengembangkan kemampuan berpikir dan memecahkan masalah secara mandiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi Peluang dengan model Problem Based Instruction (PBI) di kelas X SMA Negeri 11 Banda Aceh melebihi nilai KKM. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan mengambil populasi dari siswa SMA Negeri 11 Banda Aceh, sedangkan sampel dari penelitian ini adalah kelas X-IA4 yang berjumlah 27 siswa. Materi pembelajaran dalam penelitian ini adalah peluang, meliputi kemungkinan suatu kejadian, percobaan, ruang sampel, titik sampel, peluang suatu kejadian dan komplemen kejadian. Data yang diperoleh berasal dari tes hasil belajar yang dilaksanakan setelah pembelajaran peluang berakhir. Selanjutnya data yang sudah terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil pengolahan data diperoleh thitung = 2,56 dan ttabel dengan taraf signifikan α = 0,05 dengan dk = 26 diperoleh t(0,95)(24) = 1,71 sehingga thitung> ttabel. Ini berarti thitung berada pada daerah penolakan H0. Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dalam materi peluang di kelas X SMA Negeri 11 Banda Aceh hasil belajar siswa melebihi nilai KKM.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA MATERI PELUANG DI KELAS X SMA NEGERI 11 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (Yasser Pangestu, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH (PROBLEM BASED INSTRUCTION) PADA MATERI OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 BANDA ACEH (nurhafidhah, 2013)

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) PADA MATERI CAHAYA DAN SIFATNYA DI KELAS V SDN 71 BANDA ACEH (Dedi Yurdani, 2014)

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF-CONCEPT SISWA SMK MELALUI MODEL PROBLEM-BASED INSTRUCTION (PBI) (Rahmad Fitra, 2018)

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA SISWA DI PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA SISWA DI SMAN 3 PUTRA BANGSA 3 PUTRA BANGSA (NITA SARI, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy