REPRESENTASI AGENDA MEDIA DALAM SURAT KABAR LOKAL (ANALISIS WACANA PEMBERITAAN KABUT ASAP PADA SERAMBI INDONESIA) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

REPRESENTASI AGENDA MEDIA DALAM SURAT KABAR LOKAL (ANALISIS WACANA PEMBERITAAN KABUT ASAP PADA SERAMBI INDONESIA)


Pengarang
Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1110102010036

Fakultas & Prodi

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik / Ilmu Komunikasi(S1) / PDDIKTI : 70201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian ini berjudul Representasi Agenda Media Dalam Surat Kabar Lokal (Analisis Wacana Pemberitaan Kabut Asap Pada Harian Serambi Indonesia). Permasalahan penelitian untuk mengetahui bagaimana pemberitaan kabut asap pada surat kabar Serambi Indonesia ditinjau dengan analisis teks, praktik wacana (discourse practice), dan praktik sosial (sociocultural practice). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemberitaan kabut asap bulan Oktober 2015 pada surat kabar Serambi Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis wacana yang dicetuskan oleh Norman Fairclough (1995). Teks berita yang menjadi fokus penelitian ini adalah berita yang terbit di surat kabar Serambi Indonesia edisi 4 sampai 31 Oktober 2015. Dari lima teks berita yang dianalisis, peneliti menemukan berbagai macam wacana yang dikembangkan Serambi Indonesia terkait pemberitaan kabut asap di halaman-halaman pemberitaannya, terlebih lagi pemberitaan kabut asap sempat menjadi headline dalam beberapa hari. Berdasarkan temuan yang didapat, seluruh teks berita hanya menampilkan berita yang menginformasikan keadaan sosial dan ekonomi saat terjadinya peristiwa kabut asap. Serambi Indonesia melalui pemberitaannya cenderung memposisikan diri sebagai bagian dari masyarakat yang merasa terusik dengan bencana kiriman akibat pembakaran lahan.

Kata kunci: Analisis Wacana, Kabut Asap, Serambi Indonesia

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK