//

“PROFIL KELUARGA MISKIN PERKOTAAN” (ANALISIS TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL, EKONOMI, DAN PENDIDIKAN KELUARGA MISKIN DI BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Desti Rantika - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Profil Keluarga Miskin Perkotaan” (Analisis Terhadap Kehidupan Sosial, Ekonomi, dan Pendidikan Keluarga Miskin di Banda Aceh). Penelitian ini mengangkat masalah tentang profil keluarga miskin perkotaan dilihat dari kondisi sosial, ekonomi, keahlian yang dimiliki dan cara mereka memanajemen keuangan sehingga mereka dapat bertahan hidup dan cara mereka untuk dapat keluar dari garis kemiskinan. Teori yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah adalah teori yang dikemukakan oleh Oscar Lewis yang membahas langsung tentang profil keluarga miskin di perkotaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah masyarakat miskin yang ada di Kota Banda Aceh, khususnya di daerah pinggiran Kota Banda Aceh yang berjumlah 8 keluarga, alasan pemilihan gampong ini karena banyak terdapat masyarakat miskin di gampong tersebut. Hasil penelitian menyebutkan bahwa kemiskinan yang terjadi di kota Banda Aceh disebabkan oleh beberapa faktor di antaranya yaitu: rendahnya pendidikan masyarakat, kurangnya skill atau keahlian yang dimiliki oleh masyarakat, kurang perhatiannya pemerintah Kota Banda Aceh terhadap masyarakat miskin di Kota Banda Aceh, masyarakat Banda Aceh memiliki sikap apatis dan tidak peduli dengan kondisi lingkungan seperti acuh tak acuh, sempitnya lowongan pekerjaan yang terdapat di Kota Banda Aceh, timbulnya kemalasan yang dimiliki oleh masyarakat Banda Aceh sendiri. Penduduk di Kota Banda Aceh mencapai 64.09 jiwa yang bekerja sebagai buruh/karyawan, artinya masyarakat Kota Banda Aceh masih mengalami kemiskinan. Kata Kunci: Profil, Keluarga Miskin, Perkotaan

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PROFIL KELUARGA MISKIN YANG MAMPU MENYEKOLAHKAN ANAKNYA SAMPAI KE PERGURUAN TINGGI (SUATU PENELITIAN DI KAMPUNG SUKAMULIA KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR) (Nuraini, 2018)

ANALISIS PENGARUH KARAKTERISTIK SOSIAL EKONOMI DAN KETERSEDIAAN FASILITAS PELAYANAN KELUARGA BERENCANA TERHADAP KEPUTUSAN PRAKTEK KELUARGA BERENCANA KELUARGA PETANI MISKIN DIKECAMATAN DELIMA KABUPATEN PIDIE (Abdul Muzammil, 2014)

TINGKAT KESADARAN MASYARAKAT MISKIN TERHADAP PELESTARIAN LINGKUNGAN DI KOTA LHOKSEUMAWE (Asmaul Husna, 2014)

ANALISIS DAN PEMETAAN PENDUDUK MISKIN KOTA BANDA ACEH MENGGUNAKAN SISTEN INFORMASI GEOGRAFIS (SIG)(STUDI KASUS KECAMATAN MEURAXA) (Varihanna, 2015)

ANALISIS DETERMINAN PENGELUARAN KONSUMSI RUMAH TANGGA MASYARAKAT MISKIN DI KOTA BANDA ACEH (Yassir Achmad, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy