//

DESAIN LOCAL INSTRUCTION THEORY (LIT) UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI BANGUN RUANG DI SEKOLAH DASAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang DESI ARIANI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Desi Ariani. 2015.Desain Local InstructionTheory (LIT) untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah pada materi bangun ruang di Sekolah Dasar. Materi Bangun Ruang memiliki penekanan khusus dalam kurikulum dan dibelajarkan dari pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi. Namun materi bangun ruang termasuk materi yang sulit dipahami siswa dan seringkali terjadi kesalahan konsep pada siswa. Kesulitan tersebut diantaranya adalah menyebutkan rusuk,sisi, dan jari-jari tabung dengan posisi tinggi horizontal dan vertikal serta mendefinisikantabung. Kesulitan dan kesalahan konsep tersebut akan berdampak pada kemampuan siswa untuk melakukan pemecahan masalah bangun ruang tabung. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan Local InstructionTheory (LIT) siswa dalam pemecahan masalah bangun ruangdi SekolahDasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Design Researchdalam dua siklus yang terdiri dari tiga tahap. Tahap pertama yaitu persiapan untuk merancang hipotesis LIT yang disebut Hypothetical Learning Trajectory(HLT). Tahap kedua yaitu ujicoba terhadap HLT yang diaplikasikan dalam pembelajaran. Tahap ketiga yaitu analisis retrospektif yang bertujuan untuk melihat pengaruh HLT pada siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 3 Sigli. Penelitian ini melibatkan siswa dari dua kelas yang berbeda yaitu kelas V-A untuk melakukan ujicoba terhadap HLT 1, sedangkan kelas V-B untuk melakukan pelaksanaan HLT 2. Pada siklus pertama guru yang melakukan uji coba HLT 1 dilakukan oleh peneliti sendiri sedangkan pada pelaksanaan HLT 2 pada siklus kedua yang menjadi guru model adalah guru wali kelas V-B. berdasarkan hasil ujicoba siklus 1 dan dikembangkan lagi pada siklus kedua diperoleh empat aktivitas pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam pemecahan masalah bangun ruang. Aktivitas pertama berupa menggambar tempat tisu berbentuk tabung dengan posisi tinggi horizontal dan vertikal yang bertujuan untuk mengenal sifat dan karakteristik tabung. Aktivitas kedua berupa menyusun CD dalam kemasan untuk mengenal bentuk tabung dan menyusun tabung satuan kedalam sukatan satu liter untuk menemukan volume tabung. Aktivitas ketiga membuat tempat pensil berbentuk tabung yang bertujuan untuk melakukan pemecahan masalah berkaitan dengan volume tabung yang telah ditentukan. Sedangkan Aktivitas keempat adalah membuat kemasan beras berbentuk tabung yang bertujuan untuk menentukan volume dari tabung yang mempunyai luas sisi lengkung sama tetapi bentuknya berbeda. Keempat aktivitas tersebut dilakukan secara berurutan karena aktivitas pertama akan mempengaruhi aktivitas selanjutnya. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan Hypothetical Learning Trajectory(HLT) yang telah dikembangkan dalam pembelajaran terbukti dapat mengembangkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi bangun ruang tabung. Kata kunci: Local InstructionTheory (LIT), Hypothetical Learning Trajectory(HLT), Kemampuan Pemecahan Masalah siswa, dan Bangun Ruang Tabung

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

DESAIN LOCAL INSTRUCTION THEORY (LIT) UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI BANGUN RUANG DI SEKOLAH DASAR (DESI ARIANI, 2016)

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF-CONCEPT SISWA SMK MELALUI MODEL PROBLEM-BASED INSTRUCTION (PBI) (Rahmad Fitra, 2018)

KEMAMPUAN SISWA MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI MODEL LEARNING CYCLE “5E” PADA MATERI BANGUN RUANG DI KELAS VIII SMP PLUS AL-‘ATHIYAH ACEH BESAR (Hasri Zaldi, 2014)

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA SISWA DI PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA SISWA DI SMAN 3 PUTRA BANGSA 3 PUTRA BANGSA (NITA SARI, 2020)

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI STRATEGI REACT DI SMPN 17 BANDA ACEH (RIMA SYAFRINA, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy