//

PEMANFAATAN MODAL SOSIAL PADA PROGRAM PEMBANGUNAN GAMPONG GAMPA KECAMATAN JOHAN PAHLAWAN KABUPATEN ACEH BARAT

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang YON HELMI ANSYORI.A - Personal Name

Abstrak/Catatan

xi ABSTRAK Modal sosial adalah bagian dari kehidupan sosial (jaringan, norma dan kepercayaan) yang mendorong partisipan bertindak secara efektif untuk mencapai tujuan bersama. Dengan adanya upaya mensinergiskan suatu program dengan modal sosial yang ada pada masyarakat tentunya akan memberi suatu pencapaian yang lebih baik dan maksimal terhadap suatu wilayah maupun di tingkat gampong. Tujuan penelitian ini adalah melihat keterkaitan pembangunan gampong dengan modal sosial yang ada di gampong Gampa serta melihat tingkat keberhasilan dalam pelaksanaan program pembangunan yang ada di gampong Gampa Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Modal Sosial untuk menganalisis bagaimana hubungan suatu pembangunan dengan modal sosial serta melihat tingkat keberhasilan yang telah dicapai. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah menggunakan metode penelitian kualitatitif dengan jenis penelitian (field research), penelitian berlokasi di Gampong Gampa Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara wawancara terhadap para informan, observasi lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keterkaitan pembangunan gampong dengan modal sosial hanya terjadi pada satu program saja, padahal program pembangunan yang disalurkan pemerintah sangatlah banyak seperti BKPG (Bantuan Keuangan Pemakmue Gampong), ADD (Alokasi Dana Desa), ADG (Alokasi Dana Gampong), namun masih ada juga kekurangan dalam pelaksanaannya, mulai tidak tepatnya sasaran bahkan kurangnya keterlibatan masyarakat. Indikator modal sosial yang sangat menonjol hanya pada program PNPM (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat). Secara umum program PNPM telah memberikan perubahan terhadap masyarakat, serta dapat menghasilkan modal sosial antara lain, kerja sama, kepercayaan, jaringan sosial dan partisipasi masyarakat terhadap keberhasilan pembangunan di gampong sehingga menciptakan kehidupan bermasyarakat yang aman dan dinamis untuk pembangunan gampong. Kata Kunci : Modal Sosial, Pembangunan, Gampong

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

SOSIALISASI IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN (IMB) PADA MASYARAKAT DI KECAMATAN JOHAN PAHLAWAN KABUPATEN ACEH BARAT (Feby Syafitri, 2017)

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KINERJA APARATUR DESA DALAM PENYELENGGARAAN PEMBANGUNAN DI DESA SUAK RIBEE KECAMATAN JOHAN PAHLAWAN (Siti Kurniati, 2017)

KARAKTERISTIK REPRODUKSI KERBAU BETINA DI KECAMATAN JOHAN PAHLAWAN KABUPATEN ACEH BARAT (Syamsul Nardi, 2017)

TINGKAT PELAKSANAAN FUNGSI PANGKALAN PENDARATAN IKAN (PPI) UJONG BAROH KECAMATAN JOHAN PAHLAWAN KABUPATEN ACEH BARAT (Cici Dianita, 2017)

HAMBATAN GURU PENDIDIKAN JASMANI DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR PENCAK SILAT PADA SMP NEGERI SE-KECAMATAN JOHAN PAHLAWAN KABUPATEN ACEH BARAT (MUSLIM, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy