//

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MIND MAPPING (PETA PIKIRAN) PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI MAN 1 MATANG KULI ACEH UTARA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dewi Novita Sari - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kata kunci: strategi pembelajaran Mind Mapping, materi suhu dan kalor Berdasarkan hasil observasi dan wawancara awal kepada guru-guru Fisika di MAN 1 Matangkuli Aceh Utara bahwa “setiap dilakukan evaluasi ulangan harian kepada siswa, banyak siswa yang mendapat kendala, hal ini dibuktikan dengan siswa memiliki nilai di bawah KKM”. Selain itu, metode yang diterapkan di sekolah tersebut, belum bisa meningkatkan kreativitas siswa. Oleh karena itu, dibutuhkannya suatu strategi yang berbeda untuk bisa mengatasi permasalahan di atas, yakni strategi pembelajaran Mind Mapping. Berbagai materi Fisika bisa diterapkan dengan menggunakan strategi ini, termasuk materi suhu dan kalor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) aktivitas guru dan siswa; (2) kemampuan siswa dalam membuat karya Mind Map; (3) peningkatan hasil belajar; dan (4) respon siswa terhadap pembelajaran fisika yang menggunakan strategi pembelajaran Mind Map. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X di MAN 1 Matangkuli Aceh Utara. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, rubrik penilaian Mind Map, tes hasil belajar, dan respon siswa mengenai strategi pembelajaran Mind Map. Analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Aktivitas guru dan siswa antara siklus I sampai siklus III terjadi peningkatan. Hal ini dilihat pada siklus III semua aspek yang diamati telah sesuai dengan standar waktu yang ditentukan; (2) Hasil karya Mind Map siswa semakin membaik dari siklus I hingga siklus III, dengan siklus I, hasil karya siswa dominan ke kategori cukup terampil, siklus II dominan ke kategori cukup terampil dan terampil dengan perolehan persentase yang sama. Sedangkan pada siklus III, lebih dominan ke kategori terampil; (3) terjadinya peningkatan terhadap hasil belajar siswa dengan perolehan ketuntasan individual 86%, 91%, dan 100%, sedangkan secara klasikal 81%, 86%, dan 89%; (4) mendapatkan tanggapan yang positif, baik dari aspek minat belajar, kognitif (pemahaman) siswa, maupun motivasi belajar.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN MIND MAPPING PADA MATERI HIMPUNAN DI KELAS VII SMP NEGERI 16 BANDA ACEH (ULFA MEIRIDA, 2018)

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN MODEL MIND MAPPING (PETA PIKIRAN) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP N 13 BANDA ACEH (MAWADDAH WARAHMAH, 2020)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA RNPADA PELAJARAN IPS MATERI PERKEMBANGAN SISTEM ADMINISTRASI WILAYAH INDONESIA DI KELAS VI RNSD NEGERI 16 BANDA ACEH (Ibrahim, 2015)

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA MATERI KOLOID DI SMA NEGERI 1 BANDA ACEH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Wirda, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DENGAN METODE BRAINSTORMING PADA MATERI PELUANG DI KELAS XI SMA NEGERI 4 BANDA ACEH (Nurul Shavira, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy