//

CITRA PEREMPUAN DALAM KUMPULAN CERPEN PEREMPUAN BERLIPSTIK KAPUR KARYA ESTI NURYANTI KASAM

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Evi Ridhayani - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian yang berjudul “Citra Perempuan dalam Kumpulan Cerpen Perempuan Berlipstik Kapur” ini bertujuan mendeskripsikan citra diri dan citra sosial perempuan dalam kumpulan cerpen Perempuan Berlipstik Kapur. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah beberapa cerpen yang dimuat dalam kumpulan cerpen Perempuan Berlipstik Kapur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) citra diri perempuan dalam beberapa cerpen yang dianalisis cukup representatif dan mampu mengungkapkan bagaimana sosok perempuan sebenarnya dengan segala bentuk fisik dan psikisnya. Citra fisik perempuan dalam cerpen ini tidak dipaparkan secara khusus, misalnya perempuan yang mulai tampak uban pada rambutnya, keriput diwajahnya, dan cantik. Citra psikis dipaparkan dengan sangat mendalam seperti ; penyayang, peduli, tegas, mandiri, cerdas, gigih/ pekerja keras, dan sabar menjadi citra psikis yang paling dominan yang terdapat dalam kumpulan cerpen Perempuan Berlipstik Kapur. Selanjutnya, yang ke (2) yaitu citra sosial perempuan dalam cerpen-cerpen yang terlihat dari peran perempuan dalam keluarga dan dalam masyarakat. Dilihat dari peran perempuan dalam keluarga, citra perempuan dalam kumpulan cerpen perempuan berlipstik kapur sangat dipengaruhi oleh citra psikis tokoh perempuan sehingga citra perempuan dalam keluarga pun bervariatif seperti perempuan yang penyayang terhadap sesama anggota keluarga, peduli terhadap sesama anggota keluarga, tegas terhadap anggota keluarga, sabar menghadapi anggota keluarga, bekerja keras demi keluarga dan lain sebagainya. Selanjutnya, citra sosial perempuan yang terlihat dari peranannya dalam masyarakat tidak banyak dibahas dalam kumpulan cerpen Perempuan Berlipstik Kapur karena fokus cerita berpusat pada masalah keluarga. Namun, ada beberapa cerita yang memaparkan citra perempuan dilihat dari perannya sebagai anggota masyarakat seperti aktif dalam kegiatan kemasyarakatan, peduli terhadap individu lain dalam masyarakat, dan keberadaannya diakui dalam masyarakat.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KRITIK SOSIAL DALAM KUMPULAN CERPEN PEMBUNUH KETUJUH KARYA HERMAN RN (RAMONALISA, 2017)

ANALISIS NILAI SOSIOKULTURAL CERPEN KARYA VERA HASTUTI DALAM ANTOLOGI CERPEN PEREMPUANBERJANGKAT UTEM (Nanda Hestiana, 2019)

CITRA PEREMPUAN DALAM NOVEL AKULAH ISTRI TERORIS KARYA ABIDAH EL KHALIEQY (NADIA CININTYA LESTARI, 2016)

CITRA TOKOH PEREMPUAN DALAM NOVEL BIDADARI KARYA PIPIET SENJA (Rizkha Surya Ningsih, 2015)

PESAN SOSIAL DALAM KUMPULAN CERPEN BAYANG BULAN DI PUCUK MANGROVE (Cut Juliana, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy