//

PERBANDINGAN BEBAN KERJA DENGAN STRES KERJA PERAWAT DI RUANG IGD DAN RUANG ICU RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Violita Aprilyana - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Stres pada perawat dapat disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah beban kerja. Beban kerja di rumah sakit meliputi beban kerja fisik dan beban kerja mental yang salah satunya adalah berganti shift pada ruang-ruang tertentu seperti Instalasi Gawat Darurat (IGD) dan Intensive Care Unit (ICU) yang merupakan tempat dilakukannya pertolongan intensif pada pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perbandingan beban kerja dengan stres kerja perawat di ruang IGD dan ruang ICU RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah observational analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode mann-whitney, besar sampel 81 orang yang merupakan perawat yang bertugas di ruang IGD dan ICU RSUD dr. Zainoel Abidin dengan jumlah responden 81 orang. Alat ukur stres kerja dan beban kerja berupa kuesioner dalam bentuk angket dan check list yang dilakukan dengan wawancara terpimpin. Hasil penelitian didapatkan sebanyak 64,4% perawat mengalami stres kerja dengan beban kerja pada ruangan IGD, dan 44,4% perawat mengalami stres kerja dengan beban kerja pada ruangan ICU. Berdasarkan hasil uji mann-whitney menunjukkan bahwa terdapat adanya perbandingan antara beban kerja dengan stres kerja perawat di ruang IGD dan ruang ICU RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat adanya perbandingan antara beban kerja dengan stres kerja perawat di ruang IGD dan ruang ICU RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh, dimana perawat yang bekerja di ruang IGD mempunyai beban kerja yang lebih berat dengan tingkat stres sedang dibandingkan dengan perawat yang bertugas di ruang ICU. Kata Kunci : Perawat, Beban Kerja, Stres Kerja, Instalasi Gawat Darurat, Intensive Care Unit.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN BEBAN KERJA PERAWAT PELAKSANA PER SHIFT JAGA DENGAN STRES KERJA DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2012 (ZUNI SYAFARIDA, 2014)

FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STRES KERJA PERAWAT PELAKSANA DI RUANG INTENSIVE RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2014 (Arza Rufli, 2014)

HUBUNGAN KEPRIBADIAN DENGAN STRES KERJA PADA PERAWAT RUANG RAWAT INTENSIF RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Raudhatul Jannah, 2015)

GAMBARAN BEBAN KERJA PERAWAT DI RUANG RAWAT INAP JEUMPA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Dewi Susanti, 2015)

PENGARUH STRES TRAUMA KERJA TERHADAP GANGGUAN STRES PASCA TRAUMA DAN BURNOUT DENGAN COPING HUMOR SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA DOKTER MUDA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (MERY KURNIATI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy