MINAT PEMAKAIAN BATIK MOTIF ACEH DI KALANGAN SANTRI PESANTREN MODERN AL FALAH ABU LAM U KABUPATEN ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

MINAT PEMAKAIAN BATIK MOTIF ACEH DI KALANGAN SANTRI PESANTREN MODERN AL FALAH ABU LAM U KABUPATEN ACEH BESAR


Pengarang

UTARI RAHMI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1106104010046

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (S1) / PDDIKTI : 83206

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Kata Kunci: minat santri, batik Aceh, motif Aceh
Penelitian yang berjudul “Minat Pemakaian Batik Motif Aceh di Kalangan Santri Pesantren Modern Al Falah Abu Lam U Kabupaten Aceh Besar” ini mengangkat masalah bagaimanakah minat pemakaian batik motif Aceh di kalangan Santri Pesantren Modern Al Falah Abu Lam U. Penelitian ini bertujuan mengetahui minat pemakaian batik motif Aceh di kalangan Santri Pesantren Modern Al Falah Abu Lam U Kabupaten Aceh Besar. Populasi penelitian ini adalah Santri SMA Pesantren Modern Al Falah Abu Lam U Kabupaten Aceh Besar kelas XI 2015 yang berjumlah 59 Santri. Populasi tersebut seluruhnya ditetapkan sebagai total sampling yaitu 59 Santri. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif Kuantitatif dengan metode pengukuran Skala Likert. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, penyebaran angket dan wawancara, dan pengolahan data menggunakan teknik statistik sederhana dengan metode distribusi frekuensi perhitungan presentase dari semua alternatif jawaban. Hasil analisis data menunjukkan bahwa minat Santri Pesantren Modern Al Falah Abu Lam U Kabupaten Aceh Besar adalah sebanyak 5343 dengan rata-rata 90.56%. Berdasarkan kategori yang menjadi acuan penelitian ini, nilai rata-rata 90.56% berada pada kategori tinggi. Dengan demikian, minat pemakaian batik motif Aceh di kalangan Santri Pesantren Modern Al Falah Abu Lam U Kabupaten Aceh Besar berdasarkan hasil penelitian ini tergolong tinggi. Disarankan penelitian yang berhubungan dengan minat Santri terhadap batik motif Aceh dapat dilanjutkan oleh peneliti lain sehingga dapat terungkap hal-hal yang belum terungkap melalui penelitian ini.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK